LATIHAN 3
1. Cermati teks berikut! Ada beberapa faktor yang
membuat pendidikan di Indonesia tetap terpuruk. Pertama adalah soal
kesejahteraan para pengajar. Kedua adalah fasilitas pendukung pendidikan.
Ketiga adalah stigma dan kecenderungan masyarakat dalam menyikapi pendidikan.
Faktor yang terakhir adalah mental korup dan gampang menyerah yang menjangkiti
sebagian besar pegawai pemerintah dan masyarakat.
Makna istilah yang bercetak miring pada teks di
atas adalah ….
A. pendapat positif
B. pandangan
negatif
C. asumsi baik
D. penalaran negatif
E. pemikiran baik
2. Cermati
teks berikut!
(1) Kementerian Komunikasi dan Informatika telah
mengirimkan naskah perubahan pasal UU Informasi dan Trasasksi Elektronik (ITE)
kepada DPR. (2) Ancaman pidana pencemaran nama baik dikurangi menjadi di bawah
lima tahun. (3) Polisi tidak perlu menahan tersangka seperti yang telah banyak
terjadi sebelumnya. (4) Jika terjadi tindak pelanggaran, sebaiknya
penyelesainnya melalui jalur hukum. (5) Dengan demikian, kebebasan berekspresi
di dunia maya pun jadi agak longgar.
Kalimat yang menyatakan fakta pada teks tersebut
adalah kalimat nomor ….
A. (1) dan
(2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
3. Cermati
teks berikut!
Pembentukan karakter berbahasa melalui filosofi
alam takambang jadi guru dapat diwujudkan pada pengenalan tentang alam sejak
dini pada anak. Alam memiliki semua yang dibutuhkan manusia. Alam akan
mengajarkan manusia tentang nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai tersebut dapat
dipelajari manusia secara langsung tanpa harus ada pendidikan formal.
Pengenalan tentang alam pada anak dapat melalui keluarga dan masyarakat. Jika
sejak dini anak sudah dikenalkan pada keistimewaan alam, kita akan mudah
membentuk karakter berbahasa anak yang santun sesuai dengan filosofi budaya
Minangkabau.
Ide pokok teks di atas adalah ….
A.
ppembentukan karakter berbahasa
B. filosofi alam takambang jadi guru
C. pelajaran nilai-nilai kehidupan melalui
alam
D. peran keluarga dalam pengenalan alam
E. filosofi budaya berbahasa di Minangkabau
4. Cermati teks berikut!
Tingkat literasi masyarakat Indonesia yang sangat
rendah menjadi keprihatinan bersama sejak lama karena berdampak terhadap
tingkat kecerdasan berbahasa generasi muda.
Inti kalimat tersebut adalah …
A. Tingkat literasi masyarakat Indonesia sangat
rendah.
B. Tingkat
literasi masyarakat Indonesia menjadi keprihatinan bersama.
C. Tingkat literasi masyarakat Indonesia sudah
rendah sejak lama.
D. Tingkat literasi akan berdampak terhadap tingkat
kecerdasan manusia.
E. Tingkat literasi berdampak terhadap tingkat
kecerdasan berbahasa.
5. Cermati
teks berikut!
Kebudayaan Minangkabau adalah suatu bentuk
kebudayaan yang strukturnya unik. Apabila kebanyakan kebudayaan menganut sistem
patrilineal dalam kekerabatannya, kebudayaan Minangkabau menganut sistem
kekrabatan matrilineal. Nenek moyang orang Minang sudah berketetapan hati untuk
menghitung garis keturunannya berdasarkan garis keturunan ibu. Sistem tersebut
sulit dibantah karena sistem ini merupakan dalil yang sudah hidup, tumbuh dan
berkembang di Minangkabau.
Kata tersebut bercetak miring pada teks di atas
merujuk kepada kelompok kata ….
A. kebudayaan Minangkabau
B. kekerabatan Minangkabau
C. struktur budaya
D. kekerabatan patrilineal
E. kekerabatan
matrilineal
6. Cermati kutipan tajuk berikut!
Perekonomian Indonesia lagi-lagi menghadapi ujian.
Tekanan terhadap rupiah yang sudah berlangsung sejak tahun lalu perlahan
menyeret nilai tukar rupiah hingga kini nyaris menyentuh 15.000 per dolar AS.
Nominal selemah itu pernah dialami rupiah pada masa krisis finansial 1998.
Sebagian pihak kemudian menyetarakan kondisi saat ini dengan masa kelam
tersebut. Mereka hanya melihat nilai akhir rupiah yang nyaris tembus 15.000 per
dolar AS. Mereka lupa atau sengaja mengabaikan jauhnya perbedaan nilai awal
rupiah dengan masa sekarang. Pemerintah terlihat sudah bergerak sigap
mengantisipasi kejatuhan rupiah lebih dalam. Kita memang tidak bisa memastikan
langkah-langkah yang ditempuh pemerintah bakal efektif mengangkat kembali nilai
tukar rupiah. Kondisi genting bukan hanya membutuhkan langkah-langkah cekatan,
melainkan juga kepala dingin. Pemerintah perlu lebih mendekati pengusaha untuk
meyakinkan bahwa gejolak nilai rupiah hanya sementara dan tidak sampai membahayakan
perekonomian.
Opini penulis tajuk rencana adalah …
A. Perekonomian Indonesia kembali menghadapi ujian
besar dengan melemahnya nilai tukar
upiah terhadap dolar yang nyrais tembus
15.000 per dolar AS.
B. Sebagian pihak menyetarakan kondisi perekonomian
Indonesia saat ini dengan masa krisis
finansial yang terjadi tahun 1998.
C. Pemerintah sudah bergerak sigap mengantisipasi
kejatuhan rupiah lebih dalam dengan
beberapa langkah jitu dan efektif.
D. Perlu adanya langkah-langkah cekatan dan kepala
dingin dalam mengatasi krisis perekonomian
oleh berbagai pihak.
E. Pemerintah perlu melakukan pendekatan
terhadap pengusaha untuk meyakinkan bahwa
gejolak
nilai rupiah tidak sampai membahayakan perekonomian
7. Cermati kutipan tajuk berikut!
Perekonomian Indonesia lagi-lagi menghadapi ujian.
Tekanan terhadap rupiah yang sudah berlangsung sejak tahun lalu perlahan
menyeret nilai tukar rupiah hingga kini nyaris menyentuh 15.000 per dolar AS.
Nominal selemah itu pernah dialami rupiah pada masa krisis finansial 1998.
Sebagian pihak kemudian menyetarakan kondisi saat ini dengan masa kelam
tersebut. Mereka hanya melihat nilai akhir rupiah yang nyaris tembus 15.000 per
dolar AS. Mereka lupa atau sengaja mengabaikan jauhnya perbedaan nilai awal
rupiah dengan masa sekarang. Pemerintah terlihat sudah bergerak sigap
mengantisipasi kejatuhan rupiah lebih dalam. Kita memang tidak bisa memastikan
langkah-langkah yang ditempuh pemerintah bakal efektif mengangkat kembali nilai
tukar rupiah. Kondisi genting bukan hanya membutuhkan langkah-langkah cekatan,
melainkan juga kepala dingin. Pemerintah perlu lebih mendekati pengusaha untuk
meyakinkan bahwa gejolak nilai rupiah hanya sementara dan tidak sampai
membahayakan perekonomian.
Tujuan dalam penulisan tajuk rencana tersebut
adalah …
A. Menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia
menghadapi ujian dengan melemahnya nilai
tukar
rupiah dan pemerintah telah mengambil langkahlangkah penanganan.
B.
Menginformasikan adanya tanggapan beberapa pihak
yang menganggap melemahnya nilai
tukar rupaiah sama dengan krisis rupiah
yang terjadi pada tahun 1998.
C. Menginformasikan ketidakpastian langkah-langkah
yang ditempuh pemerintah bakal efektif
atau tidak dalam mengangkat kembali
nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
D.
Mengajak masyarakat agar menyelesaikan
permasalahan krisis ekonomi ini dengan kepala
dingin dan saling bekerja sama.
E. Meyakinkan para pengusaha bahwa gejolak nilai
rupiah ini hanya bersifat sementara dan
tidak sampai membahayakan perekonomian.
8. Cermati
teks berikut!
(1) Membaca
merupakan salah satu cara untuk memperoleh informasi. (2) Dengan membaca, kita
dapat mengetahui banyak hal di dunia ini tanpa perlu meninggalkan tempat kita
sekarang. (3) Kegiatan membaca dapat dilakukan sendiri atau dibaca keras
sehingga orang lainpun bisa mendengarnya. (4) Sayangnya, minat baca di
Indonesia masih cenderung rendah. (5) Seperti yang disebutkan dalam laman
kompas, rendahnya minat baca disebabkan karena masyarakat Indonesia lebih
sering menonton televisi.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor
….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
9. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama:
Orang Minangkabau dikenal sebagai masyarakat yang memiliki etos
kewirausahaan yang tinggi Kalimat penjelas: (1) Hal ini terbukti dengan
banyaknya perusahaan serta bisnis yang dijalankan oleh pengusaha Minangkabau di
seluruh Indonesia. (2) Selain itu, banyak pula bisnis orang Minang yang
dijalankan di berbagai negara tetangga, misalnya di Malaysia dan Singapura. (3)
Etos kewirausahaan ini menjadi salah satu indikator kesejahteraan di bidang
ekonomi. (4) Generasi muda Minang diharapkan mampu bersaing dengan pebisnis
dunia luar. (5) Tak heran, hampir di setiap negara kita bisa menemukan rumah makan
Padang dengan segala kekhasannya.
Kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
terdapat pada nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (2),
dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
10. Cermati
penggalan cerpen berikut!
Teks 1
Hari itu hari Minggu. Aku ingin diriku terduduk di
beranda, sebenarnya tak bisa disebut beranda. Bayangkan, hanya 50 kali 200 cm,
bagaimana bisa disebut beranda? Mungkin emper adalah kata yang tepat untuk
ruang kecil di depan tembok rumahku ini. Tapi, sebenarnya emper, atau teras
adalah kata lain untuk beranda. Ah, entahlah, seringkali aku mengucapkan atau
memilih sebuah kata lebih kepada rasa daripada pertimbangan akal sehat. (Mawar dan Mbak Menik, Yanusa Nugroho)
Teks 2
Larut malam, tak ada taksi yang bisa kusewa untuk
melacak rumah ibu. Kota kecil ini sungguh sunyi. Kutemui beberapa becak yang
diparkir di tepi jalan raya dengan pengayuh yang tertidur di dalamnya. Mereka
tak memerlukan penumpang. Ini kota tua. Kota yang mati pada malam hari. Orang
tak berani melintas di jalanan. Lampu-lampu pun remang-remang, dan kelelawar
bersileweran dengan kepak sayap yang memperpekat sunyi. Langit di atas kota
serupa selubung kain yang mudah koyak. (Lukisan Bergetar, S. Prasetyo Utomo)
Persamaan unsur intrinsik kedua teks tersebut
adalah ....
A.
menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
B. bertemakan sebuah pencaraian yang tek
berkesudahan
C. latarnya di tempat kota yang sunyi dan penuh
kegelapan
D. menggunakan bahasa perumpamaan dan bahasa
kias
E. menceritakan seorang yang merasa kesepian dalam
pencarian
11. Cermati kutipan biografi berikut!
Tere Liye anak seorang petani. Ia lahir pada 21 Mei
1979 di daerah pedalaman Sumatera Selatan. Ia adalah anak keenam dari tujuh
bersaudara yang tumbuh dalam keluarga sederhana. Kehidupan masa kecil yang
dilalui dengan penuh kesederhanaan membuatnya menjadi orang yang tetap
sederhana pula hingga saat ini. Sosoknya terlihat tidak banyak gaya dan tetap
rendah hati dalam menjalani kehidupan. Tere Liye mengenyam pendidikan dasar di
SDN 2 Kikim Timur, Sumatera Selatan.Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke SMPN
2 Kikim, Sumatera Selatan. Setelah itu, pendidikan menengah atasnya dihabiskan
di SMAN 9 Bandar Lampung. Saat menempuh pendidikan tinggi, ia merantau ke tanah
Jawa dengan berkuliah salah satu universitas terbaik yaitu Universitas
Indonesia dan berkuliah di Fakultas Ekonomi. Riwayat pendidikannya mampu
menggambarkan sosok orang yang memiliki kecerdasan sehingga tidak heran bila
karya-karyanya menjadi begitu fenomenal. Hingga saat ini, Tere Liye telah
menghasilkan 21 karya yang keseluruhan novelnya mendapat sambutan hangat dari
masyarakat.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh Tere Liye adalah…
A. Tere Liye terlahir dari keluarga besar di daerah
pedalaman Sumatera.
B. Tere Liye mengenyam pendidikan di Sumatera dan
tanah Jawa.
C. Tere Liye
sosok yang cerdas dan karya-karyanya fenomenal.
D. Tere Liye kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas
Indonesia.
E. Tere Liye menghasilkan karya-karya yang diminati
masyarakat.
12. Cermati
penggalan cerpen berikut!
(1) Kakek berjalan terbungkuk ke arah balai bambu
di bawah rumah panggungnya. (2) Langkahnya lunglai, matanya kuyu. Istrinya
menyusul. (3) Mereka duduk dalam diam menikmati angin sepoi malam itu. (4)
Balai-balai ini tempat kesukaan pasangan tua itu. (5) Pagi, siang, sore, bahkan
malam, angin akan datang menghampiri, tak peduli musim apa pun yang sedang
hinggap di kampung. (Rumah Batu Kakek
Songkok, karya Lina PW: Kompas, 29 Januari 2017)
Kalimat bermajas pada cerpen tersebut terdapat pada
nomor…
A. (1) B.
(2) C. (3) D. (4)
E. (5)
13. Cermati penggalan puisi berikut!
Kado Tuhan Temani Masa Tuaku
Aku yang kini mulai renta
Bukan duduk nyaman di
kursi goyang
Seperti mereka pejabat negeri kita
Santai minum kopi dan baca
koran
Aku yang menuai ilalang di tebing terjal
Dan
merajutnya menjadi atap yang meneduhkan
Hanya untuk membuka selimut duka
Menjadikan senyuman di dalam doa ....
Makna lambang dari kata ilalang adalah ….
A. kegembiraan
B. penyelamat C. kegagalan D.
penderitaan E. kesabaran
14. Bacalah
gurindam berikut ini!
Barang siapa yang sudah besar,
Janganlah kelakuannya
membuat kasar.
Maksud isi gurindam tersebut adalah...
A. Orang yang sudah dewasa tidak akan pernah
berbuat kasar dan jahat.
B. Orang
yang sudah dewasa selayaknya dapat menjaga perbuatan buruk.
C. Barang siapa yang telah dewasa maka dia tidak
akan berbuat kasar.
D. Bagi orang yang sudah dewasa maka tidak boleh
berbuat kasar.
E. Jika seseorang telah dewasa maka orang tersebut
tidak akan kasar.
15. Cermati
penggalan cerpen berikut!
Rupanya penolakan Banun telah menyinggung perasaan
Palar. Lelaki itu merasa terhina. Mentang-mentang sudah kaya, Banun
mentah-mentah menolak pinangan anaknya. Dan, yang lebih menyakitkan, ini bukan
penolakan yang pertama. Tiga bulan setelah suami Banun meninggal, Palar
menyampaikan niatnya hendak mempersunting janda kembang itu. Tapi, Banun
bertekad akan membesarkan anak-anaknya tanpa suami baru. Itu sebabnya Palar
menggunakan segala siasat dan muslihat agar Banun termaklumatkan sebagai
perempuan paling kikir di kampung itu. Palar hendak membuat Banun menanggung
malu, bila perlu sampai ajal datang menjemputnya. (Cerpen Kompas: Banun)
Konflik dalam penggalan cerpen tersebut
adalah...
A. Palar meminang anak gadis Banun untuk
anaknya
B. Banun tidak menerima pinangan Palar
C. Palar ingin membuat Banun menanggung malu
D. Palar
sakit hati karena lamarannya ditolak oleh Banun
E. Panar memaklumatkan Banun sebagai perempuan
paling kikir
16. Bacalah penggalan cerpen berikut!
“Nak Kentut ini sudah tidak punya ibu dan bapak
lagi. Keluarganya juga entah di mana. Dia biasa tidur di dalam pasar. Waktu
kita mau membuat selamatan yang terakhir itu, dia menolong Ibu mengangkut
belanjaan dari pasar ke rumah. Itu pertama kali Ibu mulai kenal dengan Nak
Kentut. Dia sudah hampir dua hari tidak makan. Lalu ibu belikan nasi pecel dan
ajak ke rumah. Bapak dan Ami waktu itu tidak ada. Di rumah tanpa Ibu minta dia
menyapu dan ngepel. Waktu diberikan uang dia menolak, sebab katanya sudah Ibu
belikan makan. Lalu Ibu tawari apa dia mau bekerja membantu-bantu di rumah kita
ini, kan lebih baik daripada tinggal di dalam pasar. Di situ pergaulannya
keras, bisa-bisa nanti jadi orang sesat. Ibu tawari gaji bulanan dan kalau
memang rajin, nanti mau kursus apa begitu, untuk bekal hidup, kita bantu
biayanya. Tapi Nak Kentut menolak. Mungkin malu. Yak kan Nak Kentut?” (Cerpen Kompas:
Maling)
Amanat dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Jangan malu menjadi orang miskin.
B. Bekerjalah untuk membantu orang tua.
C. Jangan pernah meremehkan orang miskin.
D. Jangan pernah meminta balasan atas kebaikan.
E. Bantulah
orang yang sedang kesusahan.
17. Bacalah penggalan novel berikut ini!
Tak disangka pembangunan rumah batu diikuti warga
lain. Menimbulkan gengsi sendiri kata mereka. Hanya Sabang yang berang,
mengatakan rumah panggung adalah tradisi, adat yang harus mereka rawat. Dalam
tiga tahun sejak Darman membangun rumah batu pertama itu, hampir seluruh warga
yang mampu langsung mengubah rumah mereka menjadi rumah batu. Warga yang tidak
mengubah rumahnya dianggap berkehidupan di bawah standar. Keberadaan rumah batu
menentukan tingkat sosial mereka. Dan tidak ada yang lebih menyakitkan daripada
dipandang tidak mampu oleh warga sekampung. (Cerpen Kompas: Rumah
Batu Kakek Songkong)
Nilai yang menonjol dalam penggalan cerpen tersebut
adalah....
A. nilai agama
B. nilai
budaya
C. nilai moral
D. nilai sosial
E. nilai pendidikan
18. Bacalah
penggalan cerpen berikut!
(1) Walaupun, amak sempat bertengkar hebat dengan
papa ketika papa memutuskan menikah dengan gadis Jawa. (2) Tapi, itu tidak
melunturkan kasih sayangnya kepada papa. (3) Ketika papa dilanda masalah amak
lah yang mendesak pak uwo untuk menyusul ke Jakarta. (4) Walaupun papa tak
pernah lagi pulang setelah menikah dengan mama. (5) Cinta amak tak pernah
hilang. (6) Cinta tulus seorang ibu. Bak kata pepatah “Kasih ibu sepanjang
jalan, kasih anak sepanjang penggalan”.
(Ermaweni: Mimpi yang Tertunda)
Kalimat yang membuktikan Amak seorang penyayang
terdapat pada nomor....
A. (1), (2), (3), (4)
B. (1), (3), (4), (5)
C. (2), (3), (4), (5)
D. (2), (3),
(5), (6)
E. (3), (4), (5), (6)
19. Bacalah
penggalan cerpen berikut ini!
(1) Esok harinya kulihat Papa dan Mama sedang
bicara serius di ruang tamu. (2) Aku hanya mengintip dari kamarku. (3) Mungkin
ini menyangkut pekerjaan Papa. (4) Selama ini Papa selalu menjadikan Mama
sebagai teman diskusi jika sedang mengalami masalah dalam pekerjaan. (5) Hal
ini wajar saja karena Mama juga seorang lulusan Ilmu Hukum di UGM. (6) Namun,
Mama memilih berhenti dari pekerjaannya sejak aku dan adikku lahir. (Ermaweni: Mimpi yang Tertunda)
Kalimat yang menunjukkan latar tempat dalam kutipan
tersebut terdapat pada nomor....
A. (1), (2), (3)
B. (1), (2),
(5)
C. (2), (4), (5)
D. (3), (4),
(5)
E. (4), (5), (6)
20. Bacalah penggalan cerpen berikut! Maka, selepas
kesibukannya menanam, menyiangi, dan menuai padi di sawah milik sendiri, dengan
segenap tenaga yang tersisa, Banun menghijaukan pekarangan dengan
bermacam-ragam sayuran, cabai, seledri, bawang, lengkuas, jahe, kunyit,
gardamunggu, jeruk nipis, hingga semua kebutuhannya untuk memasak tersedia
hanya beberapa jengkal dari sudut dapurnya. Bila semua kebutuhan memasak harus
dibeli Banun dengan penghasilannya sebagai petani padi, tentu akan jauh dari
memadai. Bagi Banun, segala sesuatu yang dapat tumbuh di atas tanahnya, lagi
pula apa yang tak bisa tumbuh di tanah kampung itu akan ditanamnya, agar ia
selalu terhindar dari keharusan membeli. Dengan begitu, penghasilan dari panen
padi, kelak bakal terkumpul, guna membeli lahan sawah yang lebih luas lagi.
Dan, setelah bertahun-tahun menjadi orang tani, tengoklah keluarga Banun kini.
Hampir separuh dari lahan sawah yang terbentang di wilayah kampung tempat ia
lahir dan dibesarkan, telah jatuh ke tangannya. (Cerpen
Kompas: Banun)
Keterkaitan isi cerpen tersebut dengan kehidupan
seshari-hari adalah...
A. Pengahasilan panen disimpan untuk membeli
sawah
B. Kebiasaan
bercocok tanam di pekarangan rumah
C. Tidak semua kebutuhan memasak harus dibeli
D. Kebiasaan menyimpan padi di lumbung padi
E. Memiliki sawah dan pekarangan yang luas
21. Bacalah
kutipan resensi berikut ini!
(1) Novel ini sarat akan pesan moral. Pembaca
dibuat masuk ke dalam cerita dan langsung dapat menyimpulkan amanat yang tersirat
dalam novel. (2) Selain itu, pembaca juga dibuat penasaran dengan jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan tokoh Ray yang hidupnya penuh penderitaan. (3) Novel ini
menjelaskan setiap kejadian dengan detail dan cara yang membuat pembaca
tergugah dan terkesan. (4) Namun, novel ini memiliki alur campuran sehingga
pada awal cerita pembaca dibuat bingung memahaminya. (5) Bahasa yang digunakan
juga cenderung sulit dipahami dan ada beberapa kata yang tidak umum digunakan
yang membuat pembaca harus membuka kamus untuk memahami artinya.
Kalimat keunggulan dalam resensi tersebut terdapat
pada nomor....
A. (1), (2),
(3)
B. (1), (2), (4)
C. (2), (3), (4)
D. (2), (3), (5)
E. (3), (4), (5)
22. Bacalah teks puisi berikut ini!
Hemat
Dari hari ke hari
Bunuh diri pelan-pelan
Dari tahun ke tahun
Bertimbun luka di badan
Maut menabungKu
Segobang-segobang
(Sutardji
Calzoum Bachri)
Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan puisi
tersebut adalah...
A. Sutardji menggambarkan suasana yang sangat
menyedihkan.
B. Maksud Sutardji dalam puisi “Hemat” mudah
dipahami pembaca.
C. Sutardji mengungkapkan peristiwa yang membuat
hidupnya terguncang.
D. Diksi
dalam puisi “Hemat” Sutardji sulit dipahami pembaca.
E. Sutardji mengungkapkan peristiwa sesuai dengan
yang dialami pembaca.
23. Bacalah
penggalan cerpen berikut ini!
Lalu sampai berapa lama ni Ida bergelut dalam
kesedihan setelah kepergian si penagih hutang? Entah sampai kapan aku tak tahu,
yang tahu hanya Uni Ida. Sebab dua minggu setelah kematian Abak, Uni Ida
kembali hidup seperti biasanya. Tapi ada kebiasaan aneh Uni Ida yang muncul
tiba-tiba, yakni Uni Ida suka sekali merawat dan membersihkan sepeda kumbang si
penagih hutang. Dan sampai sekarang, sepeda kumbang itu tergantug rapi di dapur
rumah kami. Tentang bagian cerita ini, aku yakin suami Uni Ida tidak tahu sama
sekali (Farizal Sikumbang: Penagih Hutang Bersepeda
Kumbang)
Ringkasan kutipan cerpen tersebut adalah...
A.
Uni Ida sangat terpukul dengan kepergian si
penagih hutang. Sampai saat ini ia masih
merawat sepeda kumbang tersebut.
B.
Setelah cukup lama bergelut dalam kesedihan
akhirnya Uni Ida kembali seperti biasa.
Tapi ada kebiasaan aneh pada dirinya
yang muncul tiba-tiba.
C. Setelah dua minggu kematian abak, Uni Ida
kembali seperti biasa. Tetapi ada yang aneh
pada
dirinya. Dia suka merawat sepeda kumbang si penagih hutang.
D.
Dan sampai sekarang, sepeda kumbang itu
tergantug rapi di dapur rumah kami. Tentang
bagian cerita ini, aku yakin suami Uni
Ida tidak tahu sama sekali.
E.
Setelah cukup lama bergelut dalam kesedihan
akhirnya setelah dua minggu kematian abak Uni
Ida kembali seperti biasa.
24. Bacalah penggalan cerita cerikut ini!
Suatu hari Riko pergi ke sekolah dengan dengan
berjalan kaki. Rupanya dalam perjalanan ia tersenggol oleh sepeda motor Niko.
Kakinya berdarah dan celananya robek. Melihat kejadian itu Niko hanya diam dan
terus berlalu dengan sepeda motornya. Ia hanya ... atas kejadian tersebut dan
tidak mau bertanggung jawab.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah....
A. mengangkat tangan
B. berpangku tangan
C. bertepuk tangan
D. ringan tangan
E. lepas
tangan
25. Bacalah penggalan paragraf berikut ini! Putri
merupakan anak yang pintar di sekolahnya. Saat ujian masuk perguruan tinggi
tiba ia bingung ingin mengambil jurusan apa. Sebab Ayahnya meminta Putri untuk
masuk ke fakultas kedokteran. Sementara Ibunya mengginginkan Putri untuk
menjadi guru. Situasi itu membuat Putri .... Putri tidak tahu harus mengikuti
keinginan Ayah atau Ibunya.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah....
A. bagai
makan buah simalakama
B. bagai menegakkan benan basah
C. bagai telur diujung tanduk
D. bagai bumi dan langit
E. bagai air di daun talas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar