\ BANK SOAL BAHASA INDONESIA: Latihan 3

19 Januari 2019

Latihan 3



LATIHAN 3



1. Cermati teks berikut! Ada beberapa faktor yang membuat pendidikan di Indonesia tetap terpuruk. Pertama adalah soal kesejahteraan para pengajar. Kedua adalah fasilitas pendukung pendidikan. Ketiga adalah stigma dan kecenderungan masyarakat dalam menyikapi pendidikan. Faktor yang terakhir adalah mental korup dan gampang menyerah yang menjangkiti sebagian besar pegawai pemerintah dan masyarakat.

Makna istilah yang bercetak miring pada teks di atas adalah ….   
A. pendapat positif   
B. pandangan negatif   
C. asumsi baik   
D. penalaran negatif  
E. pemikiran baik

 2. Cermati teks berikut!
(1) Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengirimkan naskah perubahan pasal UU Informasi dan Trasasksi Elektronik (ITE) kepada DPR. (2) Ancaman pidana pencemaran nama baik dikurangi menjadi di bawah lima tahun. (3) Polisi tidak perlu menahan tersangka seperti yang telah banyak terjadi sebelumnya. (4) Jika terjadi tindak pelanggaran, sebaiknya penyelesainnya melalui jalur hukum. (5) Dengan demikian, kebebasan berekspresi di dunia maya pun jadi agak longgar.

Kalimat yang menyatakan fakta pada teks tersebut adalah kalimat nomor ….   
A. (1) dan (2)   
B. (1) dan (3)   
C. (2) dan (3)   
D. (3) dan (5)   
E. (4) dan (5)

 3. Cermati teks berikut!
Pembentukan karakter berbahasa melalui filosofi alam takambang jadi guru dapat diwujudkan pada pengenalan tentang alam sejak dini pada anak. Alam memiliki semua yang dibutuhkan manusia. Alam akan mengajarkan manusia tentang nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai tersebut dapat dipelajari manusia secara langsung tanpa harus ada pendidikan formal. Pengenalan tentang alam pada anak dapat melalui keluarga dan masyarakat. Jika sejak dini anak sudah dikenalkan pada keistimewaan alam, kita akan mudah membentuk karakter berbahasa anak yang santun sesuai dengan filosofi budaya Minangkabau.

Ide pokok teks di atas adalah ….   
A. ppembentukan karakter berbahasa   
B. filosofi alam takambang jadi guru   
C. pelajaran nilai-nilai kehidupan melalui alam   
D. peran keluarga dalam pengenalan alam   
E. filosofi budaya berbahasa di Minangkabau

4. Cermati teks berikut!
Tingkat literasi masyarakat Indonesia yang sangat rendah menjadi keprihatinan bersama sejak lama karena berdampak terhadap tingkat kecerdasan berbahasa generasi muda.

Inti kalimat tersebut adalah …   
A. Tingkat literasi masyarakat Indonesia sangat rendah.   
B. Tingkat literasi masyarakat Indonesia menjadi keprihatinan bersama.   
C. Tingkat literasi masyarakat Indonesia sudah rendah sejak lama.   
D. Tingkat literasi akan berdampak terhadap tingkat kecerdasan manusia.   
E. Tingkat literasi berdampak terhadap tingkat kecerdasan berbahasa.

 5. Cermati teks berikut!
Kebudayaan Minangkabau adalah suatu bentuk kebudayaan yang strukturnya unik. Apabila kebanyakan kebudayaan menganut sistem patrilineal dalam kekerabatannya, kebudayaan Minangkabau menganut sistem kekrabatan matrilineal. Nenek moyang orang Minang sudah berketetapan hati untuk menghitung garis keturunannya berdasarkan garis keturunan ibu. Sistem tersebut sulit dibantah karena sistem ini merupakan dalil yang sudah hidup, tumbuh dan berkembang di Minangkabau.

Kata tersebut bercetak miring pada teks di atas merujuk kepada kelompok kata ….   
A. kebudayaan Minangkabau   
B. kekerabatan Minangkabau   
C. struktur budaya   
D. kekerabatan patrilineal   
E. kekerabatan matrilineal

6. Cermati kutipan tajuk berikut!
Perekonomian Indonesia lagi-lagi menghadapi ujian. Tekanan terhadap rupiah yang sudah berlangsung sejak tahun lalu perlahan menyeret nilai tukar rupiah hingga kini nyaris menyentuh 15.000 per dolar AS. Nominal selemah itu pernah dialami rupiah pada masa krisis finansial 1998. Sebagian pihak kemudian menyetarakan kondisi saat ini dengan masa kelam tersebut. Mereka hanya melihat nilai akhir rupiah yang nyaris tembus 15.000 per dolar AS. Mereka lupa atau sengaja mengabaikan jauhnya perbedaan nilai awal rupiah dengan masa sekarang. Pemerintah terlihat sudah bergerak sigap mengantisipasi kejatuhan rupiah lebih dalam. Kita memang tidak bisa memastikan langkah-langkah yang ditempuh pemerintah bakal efektif mengangkat kembali nilai tukar rupiah. Kondisi genting bukan hanya membutuhkan langkah-langkah cekatan, melainkan juga kepala dingin. Pemerintah perlu lebih mendekati pengusaha untuk meyakinkan bahwa gejolak nilai rupiah hanya sementara dan tidak sampai membahayakan perekonomian.

Opini penulis tajuk rencana adalah …
A.    Perekonomian Indonesia kembali menghadapi ujian besar dengan melemahnya nilai tukar
upiah terhadap dolar yang nyrais tembus 15.000 per dolar AS.
B.    Sebagian pihak menyetarakan kondisi perekonomian Indonesia saat ini dengan masa krisis
finansial yang terjadi tahun 1998.
C.    Pemerintah sudah bergerak sigap mengantisipasi kejatuhan rupiah lebih dalam dengan
beberapa langkah jitu dan efektif.
D.    Perlu adanya langkah-langkah cekatan dan kepala dingin dalam mengatasi krisis perekonomian
oleh berbagai pihak.
E.    Pemerintah perlu melakukan pendekatan terhadap pengusaha untuk meyakinkan bahwa
gejolak nilai rupiah tidak sampai membahayakan perekonomian

7. Cermati kutipan tajuk berikut!
Perekonomian Indonesia lagi-lagi menghadapi ujian. Tekanan terhadap rupiah yang sudah berlangsung sejak tahun lalu perlahan menyeret nilai tukar rupiah hingga kini nyaris menyentuh 15.000 per dolar AS. Nominal selemah itu pernah dialami rupiah pada masa krisis finansial 1998. Sebagian pihak kemudian menyetarakan kondisi saat ini dengan masa kelam tersebut. Mereka hanya melihat nilai akhir rupiah yang nyaris tembus 15.000 per dolar AS. Mereka lupa atau sengaja mengabaikan jauhnya perbedaan nilai awal rupiah dengan masa sekarang. Pemerintah terlihat sudah bergerak sigap mengantisipasi kejatuhan rupiah lebih dalam. Kita memang tidak bisa memastikan langkah-langkah yang ditempuh pemerintah bakal efektif mengangkat kembali nilai tukar rupiah. Kondisi genting bukan hanya membutuhkan langkah-langkah cekatan, melainkan juga kepala dingin. Pemerintah perlu lebih mendekati pengusaha untuk meyakinkan bahwa gejolak nilai rupiah hanya sementara dan tidak sampai membahayakan perekonomian.

Tujuan dalam penulisan tajuk rencana tersebut adalah …
A.    Menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia menghadapi ujian dengan melemahnya nilai
tukar rupiah dan pemerintah telah mengambil langkahlangkah penanganan.
B.    Menginformasikan adanya tanggapan beberapa pihak yang menganggap melemahnya nilai
tukar rupaiah sama dengan krisis rupiah yang terjadi pada tahun 1998.
C.    Menginformasikan ketidakpastian langkah-langkah yang ditempuh pemerintah bakal efektif
atau tidak dalam mengangkat kembali nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
D.    Mengajak masyarakat agar menyelesaikan permasalahan krisis ekonomi ini dengan kepala
dingin dan saling bekerja sama.
E.    Meyakinkan para pengusaha bahwa gejolak nilai rupiah ini hanya bersifat sementara dan
tidak sampai membahayakan perekonomian.

 8. Cermati teks berikut!
(1)  Membaca merupakan salah satu cara untuk memperoleh informasi. (2) Dengan membaca, kita dapat mengetahui banyak hal di dunia ini tanpa perlu meninggalkan tempat kita sekarang. (3) Kegiatan membaca dapat dilakukan sendiri atau dibaca keras sehingga orang lainpun bisa mendengarnya. (4) Sayangnya, minat baca di Indonesia masih cenderung rendah. (5) Seperti yang disebutkan dalam laman kompas, rendahnya minat baca disebabkan karena masyarakat Indonesia lebih sering menonton televisi.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….   
 A. (1)    
 B. (2)    
 C. (3)     
D. (4)     
E. (5)

  9. Cermati kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama:  Orang Minangkabau dikenal sebagai masyarakat yang memiliki etos kewirausahaan yang tinggi Kalimat penjelas: (1) Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan serta bisnis yang dijalankan oleh pengusaha Minangkabau di seluruh Indonesia. (2) Selain itu, banyak pula bisnis orang Minang yang dijalankan di berbagai negara tetangga, misalnya di Malaysia dan Singapura. (3) Etos kewirausahaan ini menjadi salah satu indikator kesejahteraan di bidang ekonomi. (4) Generasi muda Minang diharapkan mampu bersaing dengan pebisnis dunia luar. (5) Tak heran, hampir di setiap negara kita bisa menemukan rumah makan Padang dengan segala kekhasannya.

Kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama terdapat pada nomor ....   
A. (1), (2), dan (3)   
B. (1), (2), dan (4)   
C. (1), (2), dan (5)   
D. (2), (3), dan (4)   
E. (3), (4), dan (5)

 10. Cermati penggalan cerpen berikut!
Teks 1
Hari itu hari Minggu. Aku ingin diriku terduduk di beranda, sebenarnya tak bisa disebut beranda. Bayangkan, hanya 50 kali 200 cm, bagaimana bisa disebut beranda? Mungkin emper adalah kata yang tepat untuk ruang kecil di depan tembok rumahku ini. Tapi, sebenarnya emper, atau teras adalah kata lain untuk beranda. Ah, entahlah, seringkali aku mengucapkan atau memilih sebuah kata lebih kepada rasa daripada pertimbangan akal sehat.  (Mawar dan Mbak Menik, Yanusa Nugroho)

Teks 2
Larut malam, tak ada taksi yang bisa kusewa untuk melacak rumah ibu. Kota kecil ini sungguh sunyi. Kutemui beberapa becak yang diparkir di tepi jalan raya dengan pengayuh yang tertidur di dalamnya. Mereka tak memerlukan penumpang. Ini kota tua. Kota yang mati pada malam hari. Orang tak berani melintas di jalanan. Lampu-lampu pun remang-remang, dan kelelawar bersileweran dengan kepak sayap yang memperpekat sunyi. Langit di atas kota serupa selubung kain yang mudah koyak. (Lukisan Bergetar, S. Prasetyo Utomo)

Persamaan unsur intrinsik kedua teks tersebut adalah ....   
A. menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama   
B. bertemakan sebuah pencaraian yang tek berkesudahan   
C. latarnya di tempat kota yang sunyi dan penuh kegelapan   
D. menggunakan bahasa perumpamaan dan bahasa kias   
E. menceritakan seorang yang merasa kesepian dalam pencarian

11. Cermati kutipan biografi berikut!
Tere Liye anak seorang petani. Ia lahir pada 21 Mei 1979 di daerah pedalaman Sumatera Selatan. Ia adalah anak keenam dari tujuh bersaudara yang tumbuh dalam keluarga sederhana. Kehidupan masa kecil yang dilalui dengan penuh kesederhanaan membuatnya menjadi orang yang tetap sederhana pula hingga saat ini. Sosoknya terlihat tidak banyak gaya dan tetap rendah hati dalam menjalani kehidupan. Tere Liye mengenyam pendidikan dasar di SDN 2 Kikim Timur, Sumatera Selatan.Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke SMPN 2 Kikim, Sumatera Selatan. Setelah itu, pendidikan menengah atasnya dihabiskan di SMAN 9 Bandar Lampung. Saat menempuh pendidikan tinggi, ia merantau ke tanah Jawa dengan berkuliah salah satu universitas terbaik yaitu Universitas Indonesia dan berkuliah di Fakultas Ekonomi. Riwayat pendidikannya mampu menggambarkan sosok orang yang memiliki kecerdasan sehingga tidak heran bila karya-karyanya menjadi begitu fenomenal. Hingga saat ini, Tere Liye telah menghasilkan 21 karya yang keseluruhan novelnya mendapat sambutan hangat dari masyarakat. 

Hal yang dapat diteladani dari tokoh Tere Liye adalah…   
A. Tere Liye terlahir dari keluarga besar di daerah pedalaman Sumatera.   
B. Tere Liye mengenyam pendidikan di Sumatera dan tanah Jawa.   
C. Tere Liye sosok yang cerdas dan karya-karyanya fenomenal.   
D. Tere Liye kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.   
E. Tere Liye menghasilkan karya-karya yang diminati masyarakat.

 12. Cermati penggalan cerpen berikut!
(1) Kakek berjalan terbungkuk ke arah balai bambu di bawah rumah panggungnya. (2) Langkahnya lunglai, matanya kuyu. Istrinya menyusul. (3) Mereka duduk dalam diam menikmati angin sepoi malam itu. (4) Balai-balai ini tempat kesukaan pasangan tua itu. (5) Pagi, siang, sore, bahkan malam, angin akan datang menghampiri, tak peduli musim apa pun yang sedang hinggap di kampung.  (Rumah Batu Kakek Songkok, karya Lina PW: Kompas, 29 Januari 2017)

Kalimat bermajas pada cerpen tersebut terdapat pada nomor…   
A. (1)    B. (2)    C. (3)    D. (4)    E. (5)

13. Cermati penggalan puisi berikut!

Kado Tuhan Temani Masa Tuaku

Aku yang kini mulai renta 
Bukan duduk nyaman di kursi goyang 
Seperti mereka pejabat negeri kita 
Santai minum kopi dan baca koran

Aku yang menuai ilalang di tebing terjal 
Dan merajutnya menjadi atap yang meneduhkan 
Hanya untuk membuka selimut duka 
Menjadikan senyuman di dalam doa ....

Makna lambang dari kata ilalang  adalah ….   
A. kegembiraan    B. penyelamat    C. kegagalan    D. penderitaan    E. kesabaran

 14. Bacalah gurindam berikut ini! 
Barang siapa yang sudah besar, 
Janganlah kelakuannya membuat kasar.

Maksud isi gurindam tersebut adalah...   
A. Orang yang sudah dewasa tidak akan pernah berbuat kasar dan jahat.   
B. Orang yang sudah dewasa selayaknya dapat menjaga perbuatan buruk.   
C. Barang siapa yang telah dewasa maka dia tidak akan berbuat kasar.   
D. Bagi orang yang sudah dewasa maka tidak boleh berbuat kasar.   
E. Jika seseorang telah dewasa maka orang tersebut tidak akan kasar.

 15. Cermati penggalan cerpen berikut!
Rupanya penolakan Banun telah menyinggung perasaan Palar. Lelaki itu merasa terhina. Mentang-mentang sudah kaya, Banun mentah-mentah menolak pinangan anaknya. Dan, yang lebih menyakitkan, ini bukan penolakan yang pertama. Tiga bulan setelah suami Banun meninggal, Palar menyampaikan niatnya hendak mempersunting janda kembang itu. Tapi, Banun bertekad akan membesarkan anak-anaknya tanpa suami baru. Itu sebabnya Palar menggunakan segala siasat dan muslihat agar Banun termaklumatkan sebagai perempuan paling kikir di kampung itu. Palar hendak membuat Banun menanggung malu, bila perlu sampai ajal datang menjemputnya.         (Cerpen Kompas: Banun)

Konflik dalam penggalan cerpen tersebut adalah...   
A. Palar meminang anak gadis Banun untuk anaknya   
B. Banun tidak menerima pinangan Palar   
C. Palar ingin membuat Banun menanggung malu   
D. Palar sakit hati karena lamarannya ditolak oleh Banun   
E. Panar memaklumatkan Banun sebagai perempuan paling kikir

16. Bacalah penggalan cerpen berikut!
“Nak Kentut ini sudah tidak punya ibu dan bapak lagi. Keluarganya juga entah di mana. Dia biasa tidur di dalam pasar. Waktu kita mau membuat selamatan yang terakhir itu, dia menolong Ibu mengangkut belanjaan dari pasar ke rumah. Itu pertama kali Ibu mulai kenal dengan Nak Kentut. Dia sudah hampir dua hari tidak makan. Lalu ibu belikan nasi pecel dan ajak ke rumah. Bapak dan Ami waktu itu tidak ada. Di rumah tanpa Ibu minta dia menyapu dan ngepel. Waktu diberikan uang dia menolak, sebab katanya sudah Ibu belikan makan. Lalu Ibu tawari apa dia mau bekerja membantu-bantu di rumah kita ini, kan lebih baik daripada tinggal di dalam pasar. Di situ pergaulannya keras, bisa-bisa nanti jadi orang sesat. Ibu tawari gaji bulanan dan kalau memang rajin, nanti mau kursus apa begitu, untuk bekal hidup, kita bantu biayanya. Tapi Nak Kentut menolak. Mungkin malu. Yak kan Nak Kentut?”                    (Cerpen Kompas: Maling)

Amanat dalam kutipan cerpen tersebut adalah...   
A. Jangan malu menjadi orang miskin.   
B. Bekerjalah untuk membantu orang tua.   
C. Jangan pernah meremehkan orang miskin.   
D. Jangan pernah meminta balasan atas kebaikan.   
E. Bantulah orang yang sedang kesusahan.       

17. Bacalah penggalan novel berikut ini!
Tak disangka pembangunan rumah batu diikuti warga lain. Menimbulkan gengsi sendiri kata mereka. Hanya Sabang yang berang, mengatakan rumah panggung adalah tradisi, adat yang harus mereka rawat. Dalam tiga tahun sejak Darman membangun rumah batu pertama itu, hampir seluruh warga yang mampu langsung mengubah rumah mereka menjadi rumah batu. Warga yang tidak mengubah rumahnya dianggap berkehidupan di bawah standar. Keberadaan rumah batu menentukan tingkat sosial mereka. Dan tidak ada yang lebih menyakitkan daripada dipandang tidak mampu oleh warga sekampung.                         (Cerpen Kompas: Rumah Batu Kakek Songkong)

Nilai yang menonjol dalam penggalan cerpen tersebut adalah....   
A. nilai agama   
B. nilai budaya   
C. nilai moral   
D. nilai sosial   
E. nilai pendidikan

 18. Bacalah penggalan cerpen berikut!
(1) Walaupun, amak sempat bertengkar hebat dengan papa ketika papa memutuskan menikah dengan gadis Jawa. (2) Tapi, itu tidak melunturkan kasih sayangnya kepada papa. (3) Ketika papa dilanda masalah amak lah yang mendesak pak uwo untuk menyusul ke Jakarta. (4) Walaupun papa tak pernah lagi pulang setelah menikah dengan mama. (5) Cinta amak tak pernah hilang. (6) Cinta tulus seorang ibu. Bak kata pepatah “Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalan”.        
 (Ermaweni: Mimpi yang Tertunda)

Kalimat yang membuktikan Amak seorang penyayang terdapat pada nomor....   
A. (1), (2), (3), (4)   
B. (1), (3), (4), (5)   
C. (2), (3), (4), (5)   
D. (2), (3), (5), (6)   
E. (3), (4), (5), (6)

 19. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
(1) Esok harinya kulihat Papa dan Mama sedang bicara serius di ruang tamu. (2) Aku hanya mengintip dari kamarku. (3) Mungkin ini menyangkut pekerjaan Papa. (4) Selama ini Papa selalu menjadikan Mama sebagai teman diskusi jika sedang mengalami masalah dalam pekerjaan. (5) Hal ini wajar saja karena Mama juga seorang lulusan Ilmu Hukum di UGM. (6) Namun, Mama memilih berhenti dari pekerjaannya sejak aku dan adikku lahir.        (Ermaweni: Mimpi yang Tertunda)

Kalimat yang menunjukkan latar tempat dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor....   
A. (1), (2), (3)   
B. (1), (2), (5)   
C. (2), (4), (5)  
 D. (3), (4), (5)   
E. (4), (5), (6)

20. Bacalah penggalan cerpen berikut! Maka, selepas kesibukannya menanam, menyiangi, dan menuai padi di sawah milik sendiri, dengan segenap tenaga yang tersisa, Banun menghijaukan pekarangan dengan bermacam-ragam sayuran, cabai, seledri, bawang, lengkuas, jahe, kunyit, gardamunggu, jeruk nipis, hingga semua kebutuhannya untuk memasak tersedia hanya beberapa jengkal dari sudut dapurnya. Bila semua kebutuhan memasak harus dibeli Banun dengan penghasilannya sebagai petani padi, tentu akan jauh dari memadai. Bagi Banun, segala sesuatu yang dapat tumbuh di atas tanahnya, lagi pula apa yang tak bisa tumbuh di tanah kampung itu akan ditanamnya, agar ia selalu terhindar dari keharusan membeli. Dengan begitu, penghasilan dari panen padi, kelak bakal terkumpul, guna membeli lahan sawah yang lebih luas lagi. Dan, setelah bertahun-tahun menjadi orang tani, tengoklah keluarga Banun kini. Hampir separuh dari lahan sawah yang terbentang di wilayah kampung tempat ia lahir dan dibesarkan, telah jatuh ke tangannya.                          (Cerpen Kompas: Banun)

Keterkaitan isi cerpen tersebut dengan kehidupan seshari-hari adalah...   
A. Pengahasilan panen disimpan untuk membeli sawah   
B. Kebiasaan bercocok tanam di pekarangan rumah   
C. Tidak semua kebutuhan memasak harus dibeli   
D. Kebiasaan menyimpan padi di lumbung padi   
E. Memiliki sawah dan pekarangan yang luas

 21. Bacalah kutipan resensi berikut ini!
(1) Novel ini sarat akan pesan moral. Pembaca dibuat masuk ke dalam cerita dan langsung dapat menyimpulkan amanat yang tersirat dalam novel. (2) Selain itu, pembaca juga dibuat penasaran dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tokoh Ray yang hidupnya penuh penderitaan. (3) Novel ini menjelaskan setiap kejadian dengan detail dan cara yang membuat pembaca tergugah dan terkesan. (4) Namun, novel ini memiliki alur campuran sehingga pada awal cerita pembaca dibuat bingung memahaminya. (5) Bahasa yang digunakan juga cenderung sulit dipahami dan ada beberapa kata yang tidak umum digunakan yang membuat pembaca harus membuka kamus untuk memahami artinya.

Kalimat keunggulan dalam resensi tersebut terdapat pada nomor....   
A. (1), (2), (3)   
B. (1), (2), (4)  
C. (2), (3), (4)  
D. (2), (3), (5)   
E. (3), (4), (5)

22. Bacalah teks puisi berikut ini!
Hemat
Dari hari ke hari
Bunuh diri pelan-pelan
Dari tahun ke tahun
Bertimbun luka di badan
Maut menabungKu
Segobang-segobang
                                                                                         (Sutardji Calzoum Bachri)    

Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan puisi tersebut adalah...   
A. Sutardji menggambarkan suasana yang sangat menyedihkan.   
B. Maksud Sutardji dalam puisi “Hemat” mudah dipahami pembaca.   
C. Sutardji mengungkapkan peristiwa yang membuat hidupnya terguncang.   
D. Diksi dalam puisi “Hemat” Sutardji sulit dipahami pembaca.   
E. Sutardji mengungkapkan peristiwa sesuai dengan yang dialami pembaca.

 23. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Lalu sampai berapa lama ni Ida bergelut dalam kesedihan setelah kepergian si penagih hutang? Entah sampai kapan aku tak tahu, yang tahu hanya Uni Ida. Sebab dua minggu setelah kematian Abak, Uni Ida kembali hidup seperti biasanya. Tapi ada kebiasaan aneh Uni Ida yang muncul tiba-tiba, yakni Uni Ida suka sekali merawat dan membersihkan sepeda kumbang si penagih hutang. Dan sampai sekarang, sepeda kumbang itu tergantug rapi di dapur rumah kami. Tentang bagian cerita ini, aku yakin suami Uni Ida tidak tahu sama sekali    (Farizal Sikumbang: Penagih Hutang Bersepeda Kumbang)

Ringkasan kutipan cerpen tersebut adalah...
A.      Uni Ida sangat terpukul dengan kepergian si penagih hutang. Sampai saat ini ia masih
merawat sepeda kumbang tersebut. 
B.      Setelah cukup lama bergelut dalam kesedihan akhirnya Uni Ida kembali seperti biasa.
Tapi ada kebiasaan aneh pada dirinya yang muncul tiba-tiba. 
C.      Setelah dua minggu kematian abak, Uni Ida kembali seperti biasa. Tetapi ada yang aneh
pada dirinya. Dia suka merawat sepeda kumbang si penagih hutang.
D.      Dan sampai sekarang, sepeda kumbang itu tergantug rapi di dapur rumah kami. Tentang
bagian cerita ini, aku yakin suami Uni Ida tidak tahu sama sekali.
E.       Setelah cukup lama bergelut dalam kesedihan akhirnya setelah dua minggu kematian abak Uni
Ida kembali seperti biasa.

24. Bacalah penggalan cerita cerikut ini!
Suatu hari Riko pergi ke sekolah dengan dengan berjalan kaki. Rupanya dalam perjalanan ia tersenggol oleh sepeda motor Niko. Kakinya berdarah dan celananya robek. Melihat kejadian itu Niko hanya diam dan terus berlalu dengan sepeda motornya. Ia hanya ... atas kejadian tersebut dan tidak mau bertanggung jawab.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....   
A. mengangkat tangan   
B. berpangku tangan  
C. bertepuk tangan   
D. ringan tangan   
E. lepas tangan      

25. Bacalah penggalan paragraf berikut ini! Putri merupakan anak yang pintar di sekolahnya. Saat ujian masuk perguruan tinggi tiba ia bingung ingin mengambil jurusan apa. Sebab Ayahnya meminta Putri untuk masuk ke fakultas kedokteran. Sementara Ibunya mengginginkan Putri untuk menjadi guru. Situasi itu membuat Putri .... Putri tidak tahu harus mengikuti keinginan Ayah atau Ibunya. 

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....   
A. bagai makan buah simalakama   
B. bagai menegakkan benan basah   
C. bagai telur diujung tanduk   
D. bagai bumi dan langit   
E. bagai air di daun talas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar