Latihan 6
1. Cermati teks berikut!
Hutan dan hewan merupakan sumber daya alam yang
dapat diperbarui. Akan tetapi, teknologi modern dapat mengakibatkan sumber daya
alam tersebut menjadi tidak berdaya atau tidak dapat diperbaharui, misalnya
pembabatan hutan yang semena-mena. Pembabatan hutan yang semena-mena tersebut
menyebabkan tunas muda atau tumbuhan muda mati dan tidak akan tumbuh lagi.
Sumber daya alam memiliki batas toleran. Jika batas ini dilampaui, sumber daya
alam tersebut tidak lagi dapat diperbarui.
Makna
istilah yang bercetak miring pada teks adalah ….
A. pandangan
B. pertumbuhan C. tenggang D. takaran E. ukuran
2. Cermati
teks berikut!
(1) Makanan
cepat saji kerap dipilih sebagai menu alternatif untuk menambah nafsu makan si
kecil. (2) Menurut penelitian yang dipublikasikan di International Study of
Asthma and Allergies in Childhood, konsumsi makanan cepat saji dikaitkan dengan
munculnya gejala asma, rhinitis, dan eksim pada anak. (3) Penelitian tersebut
dilakukan dengan melibatkan 500.000 anak
yang terdapat di 31 Negara. (4) Anak-anak yang mengonsumsi makanan cepat
saji sebanyak 3 kali dalam seminggu diperkirakan memiliki risiko terkena asma,
rinitis, dan eksim yang lebih tinggi. (5) Sebaiknya, kita menghindari makanan
cepat saji agar tidak terkena berbagai penyakit.
Kalimat yang
menyatakan opini pada teks tersebut adalah kalimat nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3) C. (2) dan
(4) D. (3) dan (5) E. (4)
dan (5)
3. Cermati teks berikut!
Asal-usul bentuk rumah gadang sering dihubungkan
dengan kisah perjalanan nenek moyang Minangkabau. Konon kabarnya, bentuk badan
rumah gadang Minangkabau yang menyerupai tubuh kapal adalah meniru bentuk
perahu nenek moyang Minangkabau pada masa dahulu. Perahu nenek moyang ini
dikenal dengan sebutan lancang. Menurut cerita, lancang nenek moyang ini semula
berlayar menuju hulu Batang Kampar. Setelah sampai di suatu daerah, para
penumpang dan awak kapal naik ke darat. Lancang ini juga ikut ditarik ke darat
agar tidak lapuk oleh air sungai.Lancang kemudian ditopang dengan kayu-kayu
agar berdiri dengan kuat. Lalu, lancang itu diberi atap dengan menggantungkan
layarnya pada tali yang dikaitkan pada tiang lancang tersebut. Selanjutnya,
karena layar yang menggantung sangat berat, talitalinya membentuk lengkungan
yang menyerupai gonjong. Lancang ini menjadi tempat hunian buat sementara.
Ide pokok teks di atas adalah ….
A. asal-usul
bentuk rumah gadang Minangkabau
B. kisah perjalanan nenek moyang Minangkabau
C. bentuk rumah gadang yang menyerupai tubuh
kapal
D. rumah gadang menyerupai tubuh kapal
E. sejarah hunian nenek moyang Minangkabau
4. Cermati teks berikut!
Kepanduan merupakan wadah gerak bagi peserta didik
dalam rangka melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, inovatif, produktif,
serta membantu mereka dalam mengembangkan fungsi kewarganegaraan dengan daya
tarik dalam lingkungan.
Inti kalimat
tersebut adalah …
A. Peserta didik mengembangkan fungsi
kewarganegaraan dalam lingkungan.
B. Kepanduan merupakan wadah melakukan kegiatan
positif.
C. Peserta didik melakukan kegiatan positif,
inovatif, dan produktif.
D. Kepanduan
merupakan wadah gerak bagi peserta didik.
E. Kepanduan merupakan wadah mengembangkan fungsi
kewarganegaraan.
5. Cermati
teks berikut!
Salah satu tradisi unik yang ada di Sumatra Barat
adalah Pesta Tabuik. Perayaan Tabuik merupakan tradisi masyarakat Pariaman,
Sumatera Barat, untuk memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad, Hasan dan
Husein. Prosesi ini biasanya berlangsung selama satu minggu dengan perayaan
puncak yang dinamakan hoyak tabuik yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram
setiap tahunnya.
Kata ini bercetak miring pada teks di atas merujuk
kepada kelompok kata ….
A. tradisi unik
B. tradisi tabuik C. pesta
tabuik D. perayaan tabuik E.
tradisi Paiaman
6. Cermati kutipan tajuk rencana berikut!
Literasi yang rendah merupakan masalah mendasar
karena itu berkontribusi pada rendahnya produktivitas sebuah bangsa.
Produktivitas rendah berujung pada pertumbuhan yang juga rendah dan pada
akhirnya berdampak pada rendahnya tingkat kesejahteraan yang ditandai oleh
rendahnya pendapatan per kapita. Literasi yang rendah juga berkontribusi
signifikan terhadap kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan. Rendahnya minat
baca antara lain diakui oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
(PMK) Puan Maharani. Menurutnya, jumlah buku yang ditamatkan orang Indonesia
per tahun rata-rata hanya 5-9 buku. Orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali
per minggu, dengan durasi waktu membaca per hari rata-rata 30-59 menit. Puan
mengutip hasil penelitian yang dilakukan pada 2017 oleh Perpustakaan Nasional.
Perlu ada upaya-upaya khusus untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat
Indonesia. Upaya-upaya tersebut tidak harus mengandalkan pemerintah semata,
melainkan ini bisa dilakukan oleh siapa saja.
Opini
penulis tajuk rencana adalah…
A.
Literasi yang rendah merupakan masalah mendasar karena itu berkontribusi pada
rendahnya produktivitas sebuah bangsa.
B.
Literasi rendah juga berkontribusi signifikan terhadap kemiskinan,
pengangguran,dan kesenjangan.
C. Rendahnya minat baca antara lain diakui oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia
dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.
D.Orang Indonesia
hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan durasi waktu membaca
per hari
rata-rata 30-59 menit.
E. Perlu ada upaya-upaya khusus untuk
meningkatkan tingkat literasi masyarakat Indonesia,tidak hanya
pemerintah,melainkan oleh siapa saja.
7. Cermati
kutipan tajuk rencana berikut!
Literasi yang rendah merupakan masalah mendasar
karena berkontribusi pada rendahnya produktivitas sebuah bangsa. Produktivitas
rendah berujung pada pertumbuhan yang juga rendah dan pada akhirnya berdampak
pada rendahnya tingkat kesejahteraan yang ditandai oleh rendahnya pendapatan
per kapita. Literasi rendah juga berkontribusi signifikan terhadap kemiskinan,
pengangguran, dan kesenjangan. Rendahnya minat baca antara lain diakui oleh
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.
Menurutnya, jumlah buku yang ditamatkan orang Indonesia per tahun rata-rata
hanya 5-9 buku. Orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan
durasi waktu membaca per hari rata-rata 30-59 menit. Puan mengutip hasil
penelitian yang dilakukan pada 2017 oleh Perpustakaan Nasional. Perlu ada
upaya-upaya khusus untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat Indonesia.
Upaya-upaya tersebut tidak harus mengandalkan pemerintah semata, melainkan ini
bisa dilakukan oleh siapa saja.
Tujuan dalam penulisan tajuk rencana tersebut
adalah …
A.
Menginformasikan pada masyarakat tentang rendahnya literasi yang berkontribusi
terhadap rendahnya produktivitas sebuah bangsa.
B.
Menjelaskan bahwa rendahnya literasi suatu bangsa berkontribusi terhadap
tingkat kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan.
C.
Menginformasikan bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah yang
ditandai dengan jumlah yang dibaca.
E. Menjelaskan kepada masyarakat tentang
permasalahan rendahnya literasi masyarakat Indonesia dan perlu adanya upaya
oleh semua pihak.
8. Cermati
teks berikut!
(1) Saat ini, persoalan budaya dan karakter bangsa
menjadi sorotan tajam di masyarakat. (2) Sorotan itu meliputi berbagai aspek
yang tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak dan media elektronik. (3)
Selain di media massa, berbagai pihak dan para pakar intens berbicara mengenai
persoalan budaya dan karakter bangsa ini. (5) Bahkan, permasalahan ini menjadi
topik hangat di berbagai forum seminar, baik pada tingkat lokal, nasional,
maupun internasional.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor
….
A. (1) B. (2)
C. (3) D. (4)
9. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama:
Arsitektur rumah tradidsional Minangkabau memiliki kekhasan tersendiri
Kalimat penjelas: (1) Rumah tradisional Minangkabau berbentuk panggung,
menggunakan kayu dan pasak. (2) Selain itu, arsitektur rumah gadang tersebut
menggunakan tiang penyangga yang diletakkan di atas batu yang tertanam karena
daerahnya rawan gempa. (3) Kekhasan lain terdapat pada bagian atap berbentuk
tanduk kerbau yang disebut dengan atap bergonjong. (4) Atap bergonjong sudah
jarang ditemui di daerah-daerah Minangkabau, padahal atap ini merupakan bagian
dari budaya Minangkabau. (5) Selain itu, rangkiang yang identik dengan rumah
gadang juga sudah sangat langka saat ini. Kalimat penjelas yang mendukung
kalimat utama terdapat pada nomor….
A. (1), (2),
dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (2), dan (5)
D. (2), (3), dan (4) E. (3), (4), dan (5)
10. Cermati
penggalan teks berikut!
Teks 1
Novel yang disajikan dengan bahasa yang
cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan
kebahagian, keputusasaan, dan kesedihan. Selain itu, buku ini memiliki
lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas dan pasti akan membuat pembaca
tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata
memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang
sangat luas.
Teks 2
Mungkin banyak orang beranggapan bahwa
setelah lulus dari SMK nanti, kita tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi. Hal
ini tentu salah, karena siswa SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.
Kelebihan masuk SMK, siswa mempunyai hard skill berupa kemampuan kejuruan yang
spesifik sehingga ketika kuliah seorang siswa mengambil jurusan yang sama
dengan ketika dia SMK, maka dia akan lebih mudah untuk mempelajari materi
kejuruannya.
Perbedaan ciri bahasa kedua teks tersebut adalah
...
A. teks 1 menggunakan bahasa ilmiah; teks 2 bahasa
sehari-hari.
B. teks 1 bermakna lugas; teks 2 bermakna
kias.
C. teks 1 terdapat kata rujukan; teks 2 memiliki
majas.
D. teks 1 menggunakan bahasa resmi; teks 2 bahasa
ilmiah.
E. teks 1
bermakna kias; teks 2 bermakna lugas.
11. Cermati kutipan biografi berikut!
Hanung Bramantyo adalah sutradara muda di Indonesia
yang banyak menggarap film-film bertemakan cinta dan banyak meraih penghargaan
atas film-filmnya. Sutdradara yang mempunyai nama lengkap Setiawan Hanung
Bramantyo ini lahir di Yogyakarta, 1 Oktober 1975. Dalam Festival Film
Indonesia 2005, ia terpilih sebagai sutradara terbaik lewat film arahannya,
Brownies (untuk Piala Citra – film layar lebar). Ia juga dinominasikan sebagai
sutradara terbaik untuk film cerita lepasnya, Sayekti dan Hanafi, namun yang
kemudian mendapatkan penghargaan adalah Guntur Soehardjanto. Pada Festival Film
Indonesia 2007 ia kembali terpilih sebagai sutradara terbaik melalui film Get
Married. Bramantyo pernah kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Islam
Indonesia, namun ia tidak menyelesaikannya. Setelah itu, ia pindah mempelajari
dunia film di jurusan film Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian
Jakarta.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh Hanung
Bramantyo adalah…
A.
Bramantyo melanjutkan perkulian di jurusan film Fakultas Film dan Televisi
Institut Kesenian Jakarta.
B. Hanung
Bramantyo lahir di Yogyakarta, 1 Oktober 1975 dengan nama lengkap Setiawan
Hanung Bramantyo.
C. Hanung
Bramantyo dinominasikan sebagai sutradara terbaik dan menyerahkan
penghargaannya kepada Guntur Soehardjant.
D. Bramantyo
pernah kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, tetapi tidak
menyelesaikannya.
E. Hanung Bramantyo adalah sutradara muda di
Indonesia yang banyak menggarap film dan banyak meraih penghargaan.
12. Cermati
penggalan cerpen berikut!
(1) Sesekali Kakek Songkok memandang berkeliling,
seolah-olah ingin menelan rumah dengan tatapan matanya. (2) Balai itu sendiri
tanpa dinding papan. (3) Kakek memasang bambu-bambu melintang di tengah
tiang-tiang rangka rumah. (4) Di situlah mereka biasa bercengkerama. (5) Rumah
mandar seperti rumah Kakek, besar, luas, dan memiliki tiang-tiang rangka kokoh
sebagai penyangga. (Rumah Batu Kakek
Songkok, karya Lina PW: Kompas, 29 Januari 2017)
Kalimat bermajas pada cerpen tersebut terdapat pada
nomor…
A. (1) B. (2)
C. (3) D. (4) E. (5)
13. Cermati penggalan puisi berikut!
Selamat Tinggal
Aku berkaca Ini muka penuh luka
Siapa Punya?
Kudengar seru menderu
Dalam hatiku?
Apa hanya angin lalu? lagu lain pula
Menggelar tengah malam buta
Ah …!!
Segala
menebal
Segala tak kukenal
Selamat Tinggal …!!
Makna lambang dari kata penuh luka adalah ….
A. seseorang yang banyak pengalaman
B. seseorang
yang penuh dosa
C. seseorang mengenang masa lalu
D. seseorang yang jarang bersyukur
E. seseorang yang sakit keras
Cahari olehmu akan kawan,
Pilih segala orang yang setiawan.
Maksud isi gurindam tersebut adalah...
A.
Pandai-pandailah memilih kawan karena saat ini banyak kawan bermuka dua.
B. Sekarang banyak kawan yang baik di depan kita
tetapi jahat di belakang kita.
C. Kawan yang setia akan sulit ditemukan, maka
hati-hatilah memilih kawan.
D. Bijaklah
dalam mencari kawan, carilah yang dapat menjaga kesetiaan.
E. Carilah kawan yang baik dan mampu pula membawa
kita pada kebaikan.
15. Cermati
penggalan cerpen berikut!
“Teledor!
Ibu kamu sih yang kurang menghargai Bapak!” kata Amat pada Ami, “Semua koleksi
Bapak dibuangin satu per satu. Mula-mula burung perkutut. Katanya perkutut
hanya bikin orang malas. Lalu anjing tidak boleh dipelihara, katanya rumah jadi
bau. Lalu kursi rotan warisan orang tuaku, dijelek-jelekkan sebagai sarang
bangsat, lalu dikasihkan begitu saja sama tetangga yang aku benci, lantas beli
kursi yang pakai bantalan, tapi kalau diduduki jadi kempes dan bikin aku sakit
pinggang. Kemudian sepeda, jam dinding, radio antik, meja marmar, lemari, kap
lampu, bahkan juga pakaianpakaianku semuanya disumbangkan kepada korban banjir.
Padahal, di antaranya ada jaket yang aku pakai waktu melamar dia dulu. Ibu kamu
memang kurang perasaan. Sekarang jambangan bunga yang kata tetangga bisa laku
sepuluh miliar, hilang, hanya karena jambangan itu pernah dipuji oleh wanita
yang dicurigai ibu kamu itu bekas pacarku. Padahal, itu hadiah dari Gubernur. Barang
kuno Cina dari dinasti Ming. Kalau dijual sekarang bisa lima milyar harganya!”
teriak Amat mencak-mencak. (Cerpen Kompas: Maling)
Konflik dalam penggalan
cerpen tersebut adalah...
A. Bu Ahmad kurang menghargai Pak Ahmad.
B. Pak Ahmad marah karena Jambangan bunga miliknya
hilang.
C. Jambangan Bunga itu hadiah dari gubernur dan
mahal harganya.
D. Bu Ahmad
suka memberikan barang milik Pak Ahmad pada orang lain.
E. Pak ahmad memarahi Bu ahmad karena jambangan
bunga miliknya hilang.
16. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Ian duduk di kursi panjang ruang tunggu. Percaya
dirinya sedikit goyah ketika melihat makanan para peserta lain. Tapi setidaknya
ia sudah memberikan kemampuan terbaiknya, dan sekarang ia hanya bisa berharap
semoga masakannya bisa mencuri hati para juri. Tiba-tiba pikirannya melayang ke
Abak yang sedang di rumah. Pagi tadi ia langsung pergi tanpa pamit dulu ke
Abak. Rasa bersalah sedikit mengganggu pikirannya, apalagi ketika ia melihat
Abak menangis tadi malam. Apa ia termasuk anak durhaka karena melawan kata
Abaknya? Pertanyaan itulah yang terus berputar di kepalanya dan selalu
menghantuinya.
(Choirunnisa: Piala untuk Abak)
Amanat dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Jangan pernah mengecewakan orang tua.
B. Tetaplah percaya diri walaupun yang lain
terlihat hebat.
C. Doa orang tua akan menjaga perjalanan kita.
D. Jangan sampai menjadi anak durhaka kepada orang
tua.
E. Selalu
minta izin kepada orang tua ketika berpergian.
17. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Uni Ida hanya diam dengan menekukkan wajah ke
lantai. Tak berani menatap wajah Abak. “Aku tak ingin lagi mendengar bila kau
berjumpa dengannya. Aku merasa dia bukan orang baik-baik. Jangan pernah
berhubungan dengan orang yang tak tahu asal-usulnya. Kau mengerti?” Uni Ida tak
menyahut kata-kata Abak. Mulutnya membisu. Tubuhnya kaku. Ia serupa patung.
Tapi air mata Uni Ida tumpah. Membasahi pipinya. Dan Abak tidak memikirkan
tentang air mata. Bagi Abak, keputusannya tak boleh dilanggar. Mak, tak berani
menyahut. Mak hanya diam. Kaku. Tapi di akhir pertemuan malam itu, Abak sempat
menyalahkan Mak. (Cerpen Kompas: Penagih Hutang bersepeda Kumbang)
Nilai yang tergambar dari sikap tokoh Uni Ida
adalah....
A. nilai agama
B. nilai budaya C. nilai moral D. nilai sosial E. nilai pendidikan
18. Bacalah
kutipan cerpen berikut ini!
(1) Semasa bersekolah dulu, Raisya bintang kasidah.
(2) Napasnya panjang, suaranya tinggi, nyaring. (3) Bila tampil di panggung,
lengking suaranya membuat para penonton melonjak-lonjak girang, lebih-lebih
kalau ia menyanyikan “Ya Rabbi Barik”. (4) Tartilnya benar-benar seperti tartil
orang Arab, cengkok suaranya membuat penonton terenyak dan berdecak kagum. (5)
Tapi sejak menjadi istri orang, nama Raisya seolah menguap, tak pernah lagi ia
tampil di atas panggung, kalah bersaing dengan biduan-biduan muda yang suara
dan penampilan mereka lebih cemerlang. (6) Raisya kehilangan banyak hal, empat
bidang ladang peninggalan orang tuanya dikuasai Datuk Pucuk, kehilangan suami,
dan tentu saja kehilangan ranum tubuhnya.(Cerpen Kompas: Ratap Gadis
Suayan)
Watak tokoh Raisya yang memiliki suara indah dibuktikan pada kalimat
nomor....
A. (1), (2), (3)
B. (2), (3), (4) C. (2), (3), (5) D. (3), (4), (5) E. (4), (5), (6)
19. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
(1) Ian berjalan gontai menuju biliknya. (2) Suara
isak tangis memenuhi indra pendengarannya. (3) Ia membuang napas dengan kesal
ketika lagi-lagi mendapati Abak menangis setiap kali memukulnya. (4) Ada apa
dengan Abak? Pertanyaan itulah yang selalu muncul di benaknya. (5) Tapi ia
memilih untuk meneruskan langkah kakinya. (6) Ia tidak mau lagi menambah
goresan merah di punggungnya.
(Choirunnisa: Piala untuk Abak)
Kalimat yang menunjukkan latar tempat dalam kutipan
tersebut terdapat pada nomor....
A. (1)
B. (2) C. (3) D. (4)
E. (5)
20. Bacalah
penggalan cerpen berikut ini!
Sebenarnya tidak ada keistimewaan khusus mengenai
keahlian Darko dalam memijat. Standar tukang pijat pada layaknya. Namun,
keramahannya yang mengalir menambah daya pikat tersendiri. Kami menemukan
ketenangan di wajahnya yang membuat kami senantiasa merasa dekat. Mungkin oleh
sebab itu, kami terus membicarakannya.
(Cerpen Kompas: Tukang Pijat Keliling)
Keterkaitan isi cerpen tersebut dengan kehidupan
sehari-hari adalah...
B. Tukang pijat selalu disenangi oleh
masyarakat.
C. Selalu ada ketenangan di wajah tukang
pijat.
D. Orang
yang ramah selalu disukai oleh banyak orang.
E. Tukang pijat merupakan pekerjaan yang mulia.
21. Bacalah
penggalan resensi berikuti ini!
(1) Hanum dan Rangga secara gamblang, menggambarkan
bagaimana Muslim di belahan dunia lain berusaha mempertahankan eksistensinya.
(2) Dengan permasalahan berbeda, bahkan lebih kompleks, mereka mampu bertahan
di tengah mayoritas yang menghujat mereka. (3) Jauh dari Muslim Indonesia yang
notabene menduduki mayoritas. (4) Secara tidak langsung Hanum dan Rangga
berusaha mengajak para muslim Indonesia untuk menjadi agen muslim yang rahmatan
lil alamin, dengan pemahaman-pemahaman yang berusaha mereka bagikan melalui
buku ini. (5) Buku ini sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang mencari
motivasi spiritual. (6) Meski setiap orang memiliki keyakinan yang berbeda,
namun tujuan spiritual mereka sama. Kedamaian. (7) Gaya bahasa yang digunakan
pun tidak sulit dimengerti, karena dikemas dengan bahasa novel pada umumnya.
Bahkan cenderung menggunakan gaya bahasa novel roman.
Kalimat keunggulan dalam resensi tersebut terdapat
pada nomor....
A. (1), (2), (4)
B. (1), (3), (6) C. (1), (4),
(7) D. (1), (5), (7) E. (3),
(5), (7)
22. Bacalah teks puisi berikut ini!
Memang Selalu
Demikian, Hadi
Setiap perjuangan selalu melahirkan
Sejumlah pengkhianat
dan para penjilat
Jangan kau gusar, Hadi.
Setiap perjuangan selalu menghadapkan kita
Pada
kaum yang bimbang menghadapi gelombang
Jangan kau kecewa, Hadi.
Setiap perjuangan yang akan menang
Selalu
mendatangkan pahlawan jadi-jadian
Dan para jagoan kesiangan.
Memang demikianlah halnya, Hadi. (Taufiq
Ismail)
Kalimat tanggapan (esai) sesuai dengan teks puisi
di atas adalah...
A. Diksi yang digunakan dalam puisi tersebut sangat
berbelit-belit dan kasar.
B. Diksi
yang digunakan dalam puisi tersebut sangat sederhana dan mudah diartikan.
C. Diksi yang digunakan penyaair mengandung
kekecewaan dan keputusasaan.
D. Diksi yang digunakan dalam puisi tersebut
lugas dan majas yang digunakan kurang.
E. Diksi
dalam puisi tersebut memiliki arti yang dalam dan menyentuh nurani pembaca.
23. Bacalah
penggalan cerpen berikut ini!
Sejak hasrat mengubah rumah muncul dan dikabarkan
ke seluruh keluarga, saat itu Sabang sudah menentang. Kakek mengalah, mencoba
membujuk Sabang agar paham. Tapi, pertengkaran dua hari lalu itu kini bangkit
kembali. Sabang memandang gundukan pasir itu. Ia bayangkan, tak lama lagi
pasir-pasir itu akan dicampur semen, merekatkan batu-batu. Bagi Sabang,
batu-batu itu bersatu padu melindas kenangan masa kecilnya di rumah kayu yang
tak lama lagi akan dirobohkan. Ia banyak melihat keadaan itu terjadi pada
kawan-kawan di kota saat sekolah dulu. Saat itu ia hanya tertawa karena yakin
kampungnya tetap teguh mempertahankan rumah adat mereka, kenangan mereka akan
hidup. Tapi, sekarang tampaknya akan pupus pula kebanggaan itu. (Lina PW: Rumah
Batu Kakek Songkong)
Ringkasan cerpen tersebut yang tepat adalah...
A. Sabang
tidak setuju mengubah rumah kayunya menjadi rumah batu karena ia telah melihat
rumah kawannya di kota dulu.
B. Sabang
akan kehilangan masa kecilnya di rumah kayu, ia tidak ingin ditertawakan oleh
kawan-kawannya.
C. Sabang
pernah menertawakan kawan-kawannya yang mengganti rumah menjadi rumah batu.
E. Sabang tidak setuju mengubah rumah kayu
milik ayahnya menjadi rumah batu sebab ia akan kehilangan kenangan masa
kecilnya di rumah itu.
24. Bacalah penggalan cerita berikut ini!
Setiap Andi datang ke minimarket tersebut, pegawai
minimarket akan terus mengawasinya. Takut jika ada barang-barang yang hilang.
Bukan tanpa alasan pegawai minimarket tersebut bertindak demikian. Hal ini
disebabkan oleh informasi yang beredar bahwa Andi seorang yang ....
Ungkapan yang tepat untuk melengakapi paragraf
tersebut adalah....
A. ringan tangan
B. keras kepala C. panjang tangan D. bermuka dua E. tebal muka
Keluarga Rahmat tergolong kurang mampu. Ia hanya
seorang buruh tani. Setiap hari pergi bekerja di sawah atau ladang orang.
Rahmat memiliki lima anak yang harus dibiayai. Sementara istrinya juga sedang
sakit-sakitan. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari Rahmat terpaksa berutang
kepada tetangga. Kemudian, ia akan membayarnya saat menerima upah. Jika
kesulitan lagi, ia kembali meminjam kepada tetangga. Begitu seterusnya Rahmat
selalu ....
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah....
A. mencabik baju di dada
B. seperti cacing kepanasan
C. gali
lubang tutup lubang
D. mengairi sawah orang
E. utang
tiap helai bulu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar