\ BANK SOAL BAHASA INDONESIA: Latihan 6

3 Februari 2019

Latihan 6


Latihan 6

1. Cermati teks berikut!
Hutan dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Akan tetapi, teknologi modern dapat mengakibatkan sumber daya alam tersebut menjadi tidak berdaya atau tidak dapat diperbaharui, misalnya pembabatan hutan yang semena-mena. Pembabatan hutan yang semena-mena tersebut menyebabkan tunas muda atau tumbuhan muda mati dan tidak akan tumbuh lagi. Sumber daya alam memiliki batas toleran. Jika batas ini dilampaui, sumber daya alam tersebut tidak lagi dapat diperbarui. 
Makna istilah yang bercetak miring pada teks adalah ….   

A. pandangan    B. pertumbuhan    C. tenggang    D. takaran    E. ukuran

 2. Cermati teks berikut!
(1) Makanan cepat saji kerap dipilih sebagai menu alternatif untuk menambah nafsu makan si kecil. (2) Menurut penelitian yang dipublikasikan di International Study of Asthma and Allergies in Childhood, konsumsi makanan cepat saji dikaitkan dengan munculnya gejala asma, rhinitis, dan eksim pada anak. (3) Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 500.000 anak  yang terdapat di 31 Negara. (4) Anak-anak yang mengonsumsi makanan cepat saji sebanyak 3 kali dalam seminggu diperkirakan memiliki risiko terkena asma, rinitis, dan eksim yang lebih tinggi. (5) Sebaiknya, kita menghindari makanan cepat saji agar tidak terkena berbagai penyakit.
 Kalimat yang menyatakan opini pada teks tersebut adalah kalimat nomor ….   

A. (1) dan (2)    B. (1) dan (3)    C. (2) dan (4)    D. (3) dan (5)    E. (4) dan (5)

3. Cermati teks berikut!
Asal-usul bentuk rumah gadang sering dihubungkan dengan kisah perjalanan nenek moyang Minangkabau. Konon kabarnya, bentuk badan rumah gadang Minangkabau yang menyerupai tubuh kapal adalah meniru bentuk perahu nenek moyang Minangkabau pada masa dahulu. Perahu nenek moyang ini dikenal dengan sebutan lancang. Menurut cerita, lancang nenek moyang ini semula berlayar menuju hulu Batang Kampar. Setelah sampai di suatu daerah, para penumpang dan awak kapal naik ke darat. Lancang ini juga ikut ditarik ke darat agar tidak lapuk oleh air sungai.Lancang kemudian ditopang dengan kayu-kayu agar berdiri dengan kuat. Lalu, lancang itu diberi atap dengan menggantungkan layarnya pada tali yang dikaitkan pada tiang lancang tersebut. Selanjutnya, karena layar yang menggantung sangat berat, talitalinya membentuk lengkungan yang menyerupai gonjong. Lancang ini menjadi tempat hunian buat sementara. 

Ide pokok teks di atas adalah ….   
A. asal-usul bentuk rumah gadang Minangkabau   
B. kisah perjalanan nenek moyang Minangkabau   
C. bentuk rumah gadang yang menyerupai tubuh kapal   
D. rumah gadang menyerupai tubuh kapal   
E. sejarah hunian nenek moyang Minangkabau      

4. Cermati teks berikut!
Kepanduan merupakan wadah gerak bagi peserta didik dalam rangka melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, inovatif, produktif, serta membantu mereka dalam mengembangkan fungsi kewarganegaraan dengan daya tarik dalam lingkungan.

Inti kalimat tersebut adalah …   
A. Peserta didik mengembangkan fungsi kewarganegaraan dalam lingkungan.   
B. Kepanduan merupakan wadah melakukan kegiatan positif.   
C. Peserta didik melakukan kegiatan positif, inovatif, dan produktif.   
D. Kepanduan merupakan wadah gerak bagi peserta didik.   
E. Kepanduan merupakan wadah mengembangkan fungsi kewarganegaraan.

5. Cermati teks berikut!
Salah satu tradisi unik yang ada di Sumatra Barat adalah Pesta Tabuik. Perayaan Tabuik merupakan tradisi masyarakat Pariaman, Sumatera Barat, untuk memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad, Hasan dan Husein. Prosesi ini biasanya berlangsung selama satu minggu dengan perayaan puncak yang dinamakan hoyak tabuik yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram setiap tahunnya.

Kata ini bercetak miring pada teks di atas merujuk kepada kelompok kata ….   
A. tradisi unik    B. tradisi tabuik    C. pesta tabuik    D. perayaan tabuik    E. tradisi Paiaman

6. Cermati kutipan tajuk rencana berikut!
Literasi yang rendah merupakan masalah mendasar karena itu berkontribusi pada rendahnya produktivitas sebuah bangsa. Produktivitas rendah berujung pada pertumbuhan yang juga rendah dan pada akhirnya berdampak pada rendahnya tingkat kesejahteraan yang ditandai oleh rendahnya pendapatan per kapita. Literasi yang rendah juga berkontribusi signifikan terhadap kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan. Rendahnya minat baca antara lain diakui oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. Menurutnya, jumlah buku yang ditamatkan orang Indonesia per tahun rata-rata hanya 5-9 buku. Orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan durasi waktu membaca per hari rata-rata 30-59 menit. Puan mengutip hasil penelitian yang dilakukan pada 2017 oleh Perpustakaan Nasional. Perlu ada upaya-upaya khusus untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat Indonesia. Upaya-upaya tersebut tidak harus mengandalkan pemerintah semata, melainkan ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Opini penulis tajuk rencana adalah…
A. Literasi yang rendah merupakan masalah mendasar karena itu berkontribusi pada 
     rendahnya produktivitas sebuah bangsa.
B. Literasi rendah juga berkontribusi signifikan terhadap kemiskinan, pengangguran,
    dan kesenjangan.
C. Rendahnya minat baca antara lain diakui oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia
    dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.
D.Orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan durasi waktu membaca 
    per hari rata-rata 30-59 menit.
E. Perlu ada upaya-upaya khusus untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat Indonesia,tidak hanya pemerintah,melainkan oleh siapa saja. 
 
 7. Cermati kutipan tajuk rencana berikut!
Literasi yang rendah merupakan masalah mendasar karena berkontribusi pada rendahnya produktivitas sebuah bangsa. Produktivitas rendah berujung pada pertumbuhan yang juga rendah dan pada akhirnya berdampak pada rendahnya tingkat kesejahteraan yang ditandai oleh rendahnya pendapatan per kapita. Literasi rendah juga berkontribusi signifikan terhadap kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan. Rendahnya minat baca antara lain diakui oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. Menurutnya, jumlah buku yang ditamatkan orang Indonesia per tahun rata-rata hanya 5-9 buku. Orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan durasi waktu membaca per hari rata-rata 30-59 menit. Puan mengutip hasil penelitian yang dilakukan pada 2017 oleh Perpustakaan Nasional. Perlu ada upaya-upaya khusus untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat Indonesia. Upaya-upaya tersebut tidak harus mengandalkan pemerintah semata, melainkan ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tujuan dalam penulisan tajuk rencana tersebut adalah …
A. Menginformasikan pada masyarakat tentang rendahnya literasi yang berkontribusi terhadap rendahnya produktivitas sebuah bangsa.
B. Menjelaskan bahwa rendahnya literasi suatu bangsa berkontribusi terhadap tingkat kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan.
C. Menginformasikan bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah yang ditandai dengan jumlah yang dibaca.
D. Meyakinkan pemerintah tentang upaya-upaya yang harus dilakukan dalam rangka mengatasi rendahnya minat baca masyarakat.
E. Menjelaskan kepada masyarakat tentang permasalahan rendahnya literasi masyarakat Indonesia dan perlu adanya upaya oleh semua pihak.

 8. Cermati teks berikut!
(1) Saat ini, persoalan budaya dan karakter bangsa menjadi sorotan tajam di masyarakat. (2) Sorotan itu meliputi berbagai aspek yang tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak dan media elektronik. (3) Selain di media massa, berbagai pihak dan para pakar intens berbicara mengenai persoalan budaya dan karakter bangsa ini. (5) Bahkan, permasalahan ini menjadi topik hangat di berbagai forum seminar, baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional. 

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….   
A. (1)    B. (2)    C. (3)    D. (4)

9. Cermati kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama:  Arsitektur rumah tradidsional Minangkabau memiliki kekhasan tersendiri Kalimat penjelas: (1) Rumah tradisional Minangkabau berbentuk panggung, menggunakan kayu dan pasak. (2) Selain itu, arsitektur rumah gadang tersebut menggunakan tiang penyangga yang diletakkan di atas batu yang tertanam karena daerahnya rawan gempa. (3) Kekhasan lain terdapat pada bagian atap berbentuk tanduk kerbau yang disebut dengan atap bergonjong. (4) Atap bergonjong sudah jarang ditemui di daerah-daerah Minangkabau, padahal atap ini merupakan bagian dari budaya Minangkabau. (5) Selain itu, rangkiang yang identik dengan rumah gadang juga sudah sangat langka saat ini. Kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama terdapat pada nomor….   
A. (1), (2), dan (3)              B. (1), (2), dan (4)              C. (1), (2), dan (5)     
D. (2), (3), dan (4)               E. (3), (4), dan (5)

 10. Cermati penggalan teks berikut!
Teks 1 
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagian, keputusasaan, dan kesedihan. Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas.

Teks 2 
Mungkin banyak orang beranggapan bahwa setelah lulus dari SMK nanti, kita tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi. Hal ini tentu salah, karena siswa SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Kelebihan masuk SMK, siswa mempunyai hard skill berupa kemampuan kejuruan yang spesifik sehingga ketika kuliah seorang siswa mengambil jurusan yang sama dengan ketika dia SMK, maka dia akan lebih mudah untuk mempelajari materi kejuruannya.

Perbedaan ciri bahasa kedua teks tersebut adalah ...   
A. teks 1 menggunakan bahasa ilmiah; teks 2 bahasa sehari-hari.   
B. teks 1 bermakna lugas; teks 2 bermakna kias.   
C. teks 1 terdapat kata rujukan; teks 2 memiliki majas.   
D. teks 1 menggunakan bahasa resmi; teks 2 bahasa ilmiah.   
E. teks 1 bermakna kias; teks 2 bermakna lugas.

11. Cermati kutipan biografi berikut!
Hanung Bramantyo adalah sutradara muda di Indonesia yang banyak menggarap film-film bertemakan cinta dan banyak meraih penghargaan atas film-filmnya. Sutdradara yang mempunyai nama lengkap Setiawan Hanung Bramantyo ini lahir di Yogyakarta, 1 Oktober 1975. Dalam Festival Film Indonesia 2005, ia terpilih sebagai sutradara terbaik lewat film arahannya, Brownies (untuk Piala Citra – film layar lebar). Ia juga dinominasikan sebagai sutradara terbaik untuk film cerita lepasnya, Sayekti dan Hanafi, namun yang kemudian mendapatkan penghargaan adalah Guntur Soehardjanto. Pada Festival Film Indonesia 2007 ia kembali terpilih sebagai sutradara terbaik melalui film Get Married. Bramantyo pernah kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, namun ia tidak menyelesaikannya. Setelah itu, ia pindah mempelajari dunia film di jurusan film Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh Hanung Bramantyo adalah…
A. Bramantyo melanjutkan perkulian di jurusan film Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.
B. Hanung Bramantyo lahir di Yogyakarta, 1 Oktober 1975 dengan nama lengkap Setiawan Hanung Bramantyo.
C. Hanung Bramantyo dinominasikan sebagai sutradara terbaik dan menyerahkan penghargaannya kepada Guntur Soehardjant.
D. Bramantyo pernah kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, tetapi tidak menyelesaikannya.
E. Hanung Bramantyo adalah sutradara muda di Indonesia yang banyak menggarap film dan banyak meraih penghargaan.

 12. Cermati penggalan cerpen berikut!
(1) Sesekali Kakek Songkok memandang berkeliling, seolah-olah ingin menelan rumah dengan tatapan matanya. (2) Balai itu sendiri tanpa dinding papan. (3) Kakek memasang bambu-bambu melintang di tengah tiang-tiang rangka rumah. (4) Di situlah mereka biasa bercengkerama. (5) Rumah mandar seperti rumah Kakek, besar, luas, dan memiliki tiang-tiang rangka kokoh sebagai penyangga.  (Rumah Batu Kakek Songkok, karya Lina PW: Kompas, 29 Januari 2017)

Kalimat bermajas pada cerpen tersebut terdapat pada nomor…   
A. (1)          B. (2)          C. (3)            D. (4)            E. (5)

13. Cermati penggalan puisi berikut!
Selamat Tinggal

Aku berkaca Ini muka penuh luka
Siapa Punya?
Kudengar seru menderu
Dalam hatiku?
Apa hanya angin lalu? lagu lain pula
Menggelar tengah malam buta 
Ah …!! 

Segala menebal
Segala tak kukenal
Selamat Tinggal …!!

Makna lambang dari kata penuh luka  adalah ….  
A. seseorang yang banyak pengalaman   
B. seseorang yang penuh dosa   
C. seseorang mengenang masa lalu   
D. seseorang yang jarang bersyukur   
E. seseorang yang sakit keras

14. Bacalah gurindam berikut ini!

Cahari olehmu akan kawan,
Pilih segala orang yang setiawan.

Maksud isi gurindam tersebut adalah...

A. Pandai-pandailah memilih kawan karena saat ini banyak kawan bermuka dua.   
B. Sekarang banyak kawan yang baik di depan kita tetapi jahat di belakang kita.   
C. Kawan yang setia akan sulit ditemukan, maka hati-hatilah memilih kawan.   
D. Bijaklah dalam mencari kawan, carilah yang dapat menjaga kesetiaan.   
E. Carilah kawan yang baik dan mampu pula membawa kita pada kebaikan.

 15. Cermati penggalan cerpen berikut!
 “Teledor! Ibu kamu sih yang kurang menghargai Bapak!” kata Amat pada Ami, “Semua koleksi Bapak dibuangin satu per satu. Mula-mula burung perkutut. Katanya perkutut hanya bikin orang malas. Lalu anjing tidak boleh dipelihara, katanya rumah jadi bau. Lalu kursi rotan warisan orang tuaku, dijelek-jelekkan sebagai sarang bangsat, lalu dikasihkan begitu saja sama tetangga yang aku benci, lantas beli kursi yang pakai bantalan, tapi kalau diduduki jadi kempes dan bikin aku sakit pinggang. Kemudian sepeda, jam dinding, radio antik, meja marmar, lemari, kap lampu, bahkan juga pakaianpakaianku semuanya disumbangkan kepada korban banjir. Padahal, di antaranya ada jaket yang aku pakai waktu melamar dia dulu. Ibu kamu memang kurang perasaan. Sekarang jambangan bunga yang kata tetangga bisa laku sepuluh miliar, hilang, hanya karena jambangan itu pernah dipuji oleh wanita yang dicurigai ibu kamu itu bekas pacarku. Padahal, itu hadiah dari Gubernur. Barang kuno Cina dari dinasti Ming. Kalau dijual sekarang bisa lima milyar harganya!” teriak Amat mencak-mencak. (Cerpen Kompas: Maling) 

Konflik dalam penggalan cerpen tersebut adalah...   
A. Bu Ahmad kurang menghargai Pak Ahmad.   
B. Pak Ahmad marah karena Jambangan bunga miliknya hilang.   
C. Jambangan Bunga itu hadiah dari gubernur dan mahal harganya.   
D. Bu Ahmad suka memberikan barang milik Pak Ahmad pada orang lain.   
E. Pak ahmad memarahi Bu ahmad karena jambangan bunga miliknya hilang.

 16. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Ian duduk di kursi panjang ruang tunggu. Percaya dirinya sedikit goyah ketika melihat makanan para peserta lain. Tapi setidaknya ia sudah memberikan kemampuan terbaiknya, dan sekarang ia hanya bisa berharap semoga masakannya bisa mencuri hati para juri. Tiba-tiba pikirannya melayang ke Abak yang sedang di rumah. Pagi tadi ia langsung pergi tanpa pamit dulu ke Abak. Rasa bersalah sedikit mengganggu pikirannya, apalagi ketika ia melihat Abak menangis tadi malam. Apa ia termasuk anak durhaka karena melawan kata Abaknya? Pertanyaan itulah yang terus berputar di kepalanya dan selalu menghantuinya.                        (Choirunnisa: Piala untuk Abak)

Amanat dalam kutipan cerpen tersebut adalah...   
A. Jangan pernah mengecewakan orang tua.   
B. Tetaplah percaya diri walaupun yang lain terlihat hebat.   
C. Doa orang tua akan menjaga perjalanan kita.   
D. Jangan sampai menjadi anak durhaka kepada orang tua.   
E. Selalu minta izin kepada orang tua ketika berpergian.

17. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Uni Ida hanya diam dengan menekukkan wajah ke lantai. Tak berani menatap wajah Abak. “Aku tak ingin lagi mendengar bila kau berjumpa dengannya. Aku merasa dia bukan orang baik-baik. Jangan pernah berhubungan dengan orang yang tak tahu asal-usulnya. Kau mengerti?” Uni Ida tak menyahut kata-kata Abak. Mulutnya membisu. Tubuhnya kaku. Ia serupa patung. Tapi air mata Uni Ida tumpah. Membasahi pipinya. Dan Abak tidak memikirkan tentang air mata. Bagi Abak, keputusannya tak boleh dilanggar. Mak, tak berani menyahut. Mak hanya diam. Kaku. Tapi di akhir pertemuan malam itu, Abak sempat menyalahkan Mak. (Cerpen Kompas: Penagih Hutang bersepeda Kumbang)

Nilai yang tergambar dari sikap tokoh Uni Ida adalah....   
A. nilai agama    B. nilai budaya    C. nilai moral    D. nilai sosial    E. nilai pendidikan

 18. Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
(1) Semasa bersekolah dulu, Raisya bintang kasidah. (2) Napasnya panjang, suaranya tinggi, nyaring. (3) Bila tampil di panggung, lengking suaranya membuat para penonton melonjak-lonjak girang, lebih-lebih kalau ia menyanyikan “Ya Rabbi Barik”. (4) Tartilnya benar-benar seperti tartil orang Arab, cengkok suaranya membuat penonton terenyak dan berdecak kagum. (5) Tapi sejak menjadi istri orang, nama Raisya seolah menguap, tak pernah lagi ia tampil di atas panggung, kalah bersaing dengan biduan-biduan muda yang suara dan penampilan mereka lebih cemerlang. (6) Raisya kehilangan banyak hal, empat bidang ladang peninggalan orang tuanya dikuasai Datuk Pucuk, kehilangan suami, dan tentu saja kehilangan ranum tubuhnya.(Cerpen Kompas: Ratap Gadis Suayan)                                                                

Watak tokoh Raisya yang memiliki suara indah dibuktikan pada kalimat nomor....   
A. (1), (2), (3)    B. (2), (3), (4)    C. (2), (3), (5)    D. (3), (4), (5)    E. (4), (5), (6)
 
19. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
(1) Ian berjalan gontai menuju biliknya. (2) Suara isak tangis memenuhi indra pendengarannya. (3) Ia membuang napas dengan kesal ketika lagi-lagi mendapati Abak menangis setiap kali memukulnya. (4) Ada apa dengan Abak? Pertanyaan itulah yang selalu muncul di benaknya. (5) Tapi ia memilih untuk meneruskan langkah kakinya. (6) Ia tidak mau lagi menambah goresan merah di punggungnya.                      (Choirunnisa: Piala untuk Abak)

Kalimat yang menunjukkan latar tempat dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor....  
 A. (1)    B. (2)    C. (3)    D. (4)    E. (5)

 20. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Sebenarnya tidak ada keistimewaan khusus mengenai keahlian Darko dalam memijat. Standar tukang pijat pada layaknya. Namun, keramahannya yang mengalir menambah daya pikat tersendiri. Kami menemukan ketenangan di wajahnya yang membuat kami senantiasa merasa dekat. Mungkin oleh sebab itu, kami terus membicarakannya.  (Cerpen Kompas: Tukang Pijat Keliling)
Keterkaitan isi cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah...

A. Tukang pijat keliling disukai oleh masyarakat.   
B. Tukang pijat selalu disenangi oleh masyarakat.   
C. Selalu ada ketenangan di wajah tukang pijat.   
D. Orang yang ramah selalu disukai oleh banyak orang.   
E. Tukang pijat merupakan pekerjaan yang mulia.

21. Bacalah penggalan resensi berikuti ini!
(1) Hanum dan Rangga secara gamblang, menggambarkan bagaimana Muslim di belahan dunia lain berusaha mempertahankan eksistensinya. (2) Dengan permasalahan berbeda, bahkan lebih kompleks, mereka mampu bertahan di tengah mayoritas yang menghujat mereka. (3) Jauh dari Muslim Indonesia yang notabene menduduki mayoritas. (4) Secara tidak langsung Hanum dan Rangga berusaha mengajak para muslim Indonesia untuk menjadi agen muslim yang rahmatan lil alamin, dengan pemahaman-pemahaman yang berusaha mereka bagikan melalui buku ini. (5) Buku ini sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang mencari motivasi spiritual. (6) Meski setiap orang memiliki keyakinan yang berbeda, namun tujuan spiritual mereka sama. Kedamaian. (7) Gaya bahasa yang digunakan pun tidak sulit dimengerti, karena dikemas dengan bahasa novel pada umumnya. Bahkan cenderung menggunakan gaya bahasa novel roman.

Kalimat keunggulan dalam resensi tersebut terdapat pada nomor....   
A. (1), (2), (4)    B. (1), (3), (6)    C. (1), (4), (7)    D. (1), (5), (7)    E. (3), (5), (7)

22. Bacalah teks puisi berikut ini! 
Memang Selalu Demikian, Hadi

Setiap perjuangan selalu melahirkan 
Sejumlah pengkhianat dan para penjilat 
Jangan kau gusar, Hadi. 

Setiap perjuangan selalu menghadapkan kita 
Pada kaum yang bimbang menghadapi gelombang 
Jangan kau kecewa, Hadi.
Setiap perjuangan yang akan menang 
Selalu mendatangkan pahlawan jadi-jadian 
Dan para jagoan kesiangan.
Memang demikianlah halnya, Hadi.                                       (Taufiq Ismail)

Kalimat tanggapan (esai) sesuai dengan teks puisi di atas adalah...   
A. Diksi yang digunakan dalam puisi tersebut sangat berbelit-belit dan kasar.
B. Diksi yang digunakan dalam puisi tersebut sangat sederhana dan mudah diartikan.   
C. Diksi yang digunakan penyaair mengandung kekecewaan dan keputusasaan.
D. Diksi yang digunakan dalam puisi tersebut lugas dan majas yang digunakan kurang.
E. Diksi dalam puisi tersebut memiliki arti yang dalam dan menyentuh nurani pembaca.

 23. Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Sejak hasrat mengubah rumah muncul dan dikabarkan ke seluruh keluarga, saat itu Sabang sudah menentang. Kakek mengalah, mencoba membujuk Sabang agar paham. Tapi, pertengkaran dua hari lalu itu kini bangkit kembali. Sabang memandang gundukan pasir itu. Ia bayangkan, tak lama lagi pasir-pasir itu akan dicampur semen, merekatkan batu-batu. Bagi Sabang, batu-batu itu bersatu padu melindas kenangan masa kecilnya di rumah kayu yang tak lama lagi akan dirobohkan. Ia banyak melihat keadaan itu terjadi pada kawan-kawan di kota saat sekolah dulu. Saat itu ia hanya tertawa karena yakin kampungnya tetap teguh mempertahankan rumah adat mereka, kenangan mereka akan hidup. Tapi, sekarang tampaknya akan pupus pula kebanggaan itu. (Lina PW: Rumah Batu Kakek Songkong) 

Ringkasan cerpen tersebut yang tepat adalah...
A. Sabang tidak setuju mengubah rumah kayunya menjadi rumah batu karena ia telah melihat rumah kawannya di kota dulu.
B. Sabang akan kehilangan masa kecilnya di rumah kayu, ia tidak ingin ditertawakan oleh kawan-kawannya.
C. Sabang pernah menertawakan kawan-kawannya yang mengganti rumah menjadi rumah batu.
D. Sabang bertengkar dengan ayahnya karena ayahnya ingin mengubah rumah kayu mereka menjadi rumah batu.
E. Sabang tidak setuju mengubah rumah kayu milik ayahnya menjadi rumah batu sebab ia akan kehilangan kenangan masa kecilnya di rumah itu.

24. Bacalah penggalan cerita berikut ini!
Setiap Andi datang ke minimarket tersebut, pegawai minimarket akan terus mengawasinya. Takut jika ada barang-barang yang hilang. Bukan tanpa alasan pegawai minimarket tersebut bertindak demikian. Hal ini disebabkan oleh informasi yang beredar bahwa Andi seorang yang .... 

Ungkapan yang tepat untuk melengakapi paragraf tersebut adalah....   
A. ringan tangan    B. keras kepala    C. panjang tangan    D. bermuka dua    E. tebal muka

25. Bacalah penggalan paragraf berikut ini!
Keluarga Rahmat tergolong kurang mampu. Ia hanya seorang buruh tani. Setiap hari pergi bekerja di sawah atau ladang orang. Rahmat memiliki lima anak yang harus dibiayai. Sementara istrinya juga sedang sakit-sakitan. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari Rahmat terpaksa berutang kepada tetangga. Kemudian, ia akan membayarnya saat menerima upah. Jika kesulitan lagi, ia kembali meminjam kepada tetangga. Begitu seterusnya Rahmat selalu ....

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....   
A. mencabik baju di dada   
B. seperti cacing kepanasan   
C. gali lubang tutup lubang   
D. mengairi sawah orang  
E. utang tiap helai bulu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar